Walikota Tidore Irup HUT RI ke 73

/ Sabtu, 18 Agustus 2018 / 00.13
Walikota Tidore, Capt. H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Ternate saat Irup Upacara. Jumat (17/8)
TIDORE - Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke 73 Kemerdekaan RI Tahun 2018 dan Penurunan Bendera di Kota Tidore Kepulauan, Jum’at (17/8) pagi dan sore, berlangsung lancar dan sukses.

Pelaksanaan upacara yang dipusatkan di halaman kantor walikota Tidore tersebut berlangsung tertib dan hikmad dimana Walikota Capt. H. Ali Ibrahim bertindak sebagai inspektur upacara detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera.

Demikian juga dengan upacara bendera yang dilaksanakan di Kecamatan Tidore Utara, Tidore Selatan, Tidore Timur, Kecamatan Oba Tengah, Oba dan Oba Selatan, juga berjalan lancar. Sementara pemerintah dan masyarakat Kecamatan Tidore melaksanakan upacara bersama Pemkot Tidore di Halaman Kantor Walikota.

Usai memimpin Upacara pada Kamis pagi, Ali Ibrahim menyerahkan bantuan dana kehormatan kepada keluarga dan perintis kemerdekaan, pejuang, warakwuri, wredatama serta purnawirawan, masing-masing sebesar Rp.2,5 Juta.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2018 di bawah pimpinan Danpas Bripka Ahmad Yani Masuku bersama Danton Pengibaran Rahmat A. Kama, siswa SMAN 1 Tidore Kepulauan berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Pembawa Baki, Iradianti Aisiah dari SMAN 3 Tidore Kepulauan dengan langkah yang anggun dan percaya diri menerima Bendera Merah Putih yang diserahkan Walikota H. Ali Ibrahim.

Begitu juga saat Pengibar Bendera masing-masing, Hosea M. Kasegel dari SMAN 11 Tidore Kepulauan, Jibran Karim dari SMAN 3 Tidore Kepulauan, dan Andi Amirullah dari SMAN 5 Tidore Kepulauan. membentangkan bendera dan mengibarkannya ke puncak tiang. Para anggota Paskibraka ini mendapat aplaus yang meriah dari seluruh peserta upacara yang menilai bahwa tugas pengibaran bendera pusaka telah dilaksanakan dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah pemerintah daerah dengan perintis kemerdekaan, para pejuang, veteran, purnawirawan, wredatama dan warakawuri di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Kamis Siang dan upacara penurunan bendera pada Kamis Sore.

Sementara itu upacara Penurunan Bendera Merah Putih juga berlangsung dan berakhir dengan sukses. Walikota Capt. H. Ali Ibrahim kembali bertindak selaku Inspektur Upacara. Bendera Merah Putih diturunkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada pukul 17.30 sore.

Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera dibawah pimpinan Danpas Sertu Ahmad Lisroes bersama Danton Penurunan Bendera M. Nur Gemalangit, siswa SMAN 1 Tidore Kepulauan sukses melaksanakan tugasnya, Pengerek Bendera masing-masing, Iswanto Andisi dari MA Alkhairaat Guraping, Asrul Ade dari SMAN 10 Tidore, dan Fikram N Marsaoly dari SMAN 1 Tidore Kepulauan menurunkan Bendera merah putih, melipat dan menyerahkan kepada pembawa baki, Nurbani Kadir dari SMKN 1 Tidore. Setelah itu Pembawa baki menyerahkan kepada Inspektur Upacara.

Sebelummya pada Jum’at (17/8) dinihari, tepat pukul 00.00 Capt. H. Ali Ibrahim memimpin langsung Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Makam Pahlawan Nasional Sultan Nuku di Kelurahan Soasio dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatangan naskah renungan suci serta tabur bunga di makam Sultan Nuku. (Dar)
Komentar Anda

Berita Terkini