Basarnas Target Membangun Pos SAR di Halut

/ Selasa, 07 Agustus 2018 / 18.43

Suasana Pertemuan Basarnas Ternate dengan Bupati Halut Ir. Frans Manery, Selasa 07/8/2018).

HALUT Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Provinsi Maluku Utara, Selasa  (07/08) menggelar rapat Kordinasi dengan pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Agenda pertemuan tersebut dihadiri Bupati Ir. Frans Manery, Kepala Kantor Basarnas Ternate M. Arafah beserta sejumlah Personil Pos SAR Tobelo.

Kakansar Ternate M. Arafah, mengatakan Rakor yang di gelar merupakan langkah awal persiapan pembangunan Pos SAR Tobelo pada tahun 2018. Pemda Halut sendiri telah menyiapkan lahan seluas dua hektar di areal pemerintahan yang peruntukannya sebagai titik lokasi pembangunan Pos SAR. 

"Pertemuan ini dalam rangka membangun koordinasi serta membahas rencana kesiapan pembangunan sarana dan prasarana pendukung bagi personil Basarnas yang di tempatkan di Tobelo," ujar Arafah kepada Nusantaratimur.com

Ia menambahkan, jumlah personil dan sarana pendukung yang di tempatkan di Pos SAR Tobelo masih jauh dengan jumlah ideal, ini yang nantinya bakal di tambahkan lagi personil baru maupun sarana pendukung ke pos tobelo sehingga mampu mendukung operasi pencarian yang lebih efektif, pelaksanaannya.

"Selain pembangunan Pos, Kami juga nanti tambahkan personil dan juga akan menggeser kapal berukuran 40 Meter untuk menunjang pencarian di laut, sebab RIB yang di gunakan selama ini tidak seimbang dengan tinggi gelombang di laut pulau Doi yang tingginya mencapai 4-5 meter. Kami juga tidak mau mengambil resiko keselamatan anak buah kami. Inilah yang akan kami prioritaskan,” ungkapnya. "Jadwal pergeseran kapal sendiri masih menungu hasil kordinasi dengan pemerintah pusat, namun dalam waktu dekat bakal di realisasikan,” katanya (jaha).
Komentar Anda

Berita Terkini