Bawaslu Malut Laksanakan Uji FPT Untuk Calon Anggota Bawaslu Kab/Kota

/ Kamis, 09 Agustus 2018 / 01.40
Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin

TERNATE- Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Maluku Utara melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper tes) untuk peserta calon anggota bawaslu Kabupaten/Kota. Di selengarakan di kantor Bawaslu Malut. Rabu (8/8/2018)

"Sebetulnya dalam  UU No. 7 tahun 2017 tentang pemilu,kewenangan untuk pembentukan bawaslu Kabupaten/Kota merupakan kewenangan bawaslu RI. tetapi , karena ada 500 kabupaten kota lebih yang melaksanakan kegiatan yang sama ,Sehingga bawaslu RI mendelegasikan kepada Bawaslu provinsi berdasarkan peraturan bawaslu," Ungkap Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin.

 Nantinya,  hasil dari uji kelayakan dan kepatutan sksn dikirim kepada bawaslu RI. "Rencananya hari jumat kita sudah kirim hasinya ke Bawaslu RI,  Karena hari sabtu Bawaslu RI akan melaksanakan Pleno yang berlangsun selama 3 hari jadi  seninya sudah pengumuman, karena hari rabu sudah pelantikan Bawaslu kabupaten kota di Jakarta" ujarnya.

Hari ini maraton untuk 5 kabupaten yakni Ternate,Tidore,Sula,Taliabu, dan Halsel,  dan yang  tersisa untuk besoknya  Haltim,Halbar, Halut, Morotai.

"memang cepat karena Uji kelayakan dan kepatutan kali  ini berbeda dari yang dulu. “Kalau yang dulu satu orang satu orang, tapi kalo sekarang sudah perkabupaten 5-6 orang masuk baru di lakukan SSGD, jadi forum grub diskusi sesuai tema yang kita berikan. Satu hari bisa kita lakukan empat kabupaten dengan durasi 2 jam stengah satu kabupaten," Jelasnya

"Ada 15 tema yang di kasih dan nanti akan di diskusikan oleh mereka Kemdian kita akan menilai dari aspek itu" tutupnya.(cul)
Komentar Anda

Berita Terkini