DP2PA Gelar Seminar Three Ends

/ Jumat, 24 Agustus 2018 / 22.45
Seminar Three Ends. Jumat (24/8)
TERNATE – Dalam rangka menekan tingkat kriminalitas terhadap perempuan dan anak, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) menggelar seminar Three Ends, Jumat (24/8/2018). Seminar yang dilangsung di Hoteel Velya ini DP2PA turut mengundang 3 (Tiga) Kementerian yaitu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2PA) RI, Sesment, dan Deputi tumbuh kembang anak serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate.

kepala DP2PA Kota Ternate, Hadija Tukuboya mengatakan, selain mengundang 3 Kementeria dan Sekda Kota Ternate, pihaknya juga mengundang Deputi Perlindungan Hak Perempuan (PHP) RI serta berbagai elemen dari lapisan masyarakat. Seminar Three Ends bertujuan mengkampanyekan mengenai kekerasan perempuan dan anak, akhiri penjualan perempuan dan anak, akhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan serta status politik perempuan.

“ Kehadiran Deputi tumbuh kembang anak ini sangat penting karena selain agenda seminar, juga ada kegiatan louncing pulau layak anak di pulau Hiri Kecamatan Ternate Pulau,” ujar Hadija.

Lanjutnya, kegiatan louncing pulau layak anak yang digelar Sabut (25/8) besok ini akan dihadiri langsung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise beserta rombongannya. “ Insyah Allah pukul 09.00 WIT besok kami ke Pulau Hiri bersama-sama dengan ibu menteri,” sambungnya.

Menurutnya, kunjungan Menteri P2PA merupakan sebuah kehormatan Pemkot Ternate. Dimana kunjungan pertama pada bulan Maret 2017 lalu Kota Ternate diberi kehormatan untuk melakukan Rakornas, sedangkan pada kunjungan keduanya bertepatan dengan louncing Pulau layak anak.

Ia mengaku pihaknya tetap mengantisi perkawinan dini. Seorang perempuan baru bisa menikah/berkeluarga setelah mencapai usia minimal pernikahan. Sebab kalau tidak, akan mempengaruhi saat melahirkan, bisa jadi anaknya dibawah kualitas karena usia ibunya belum maksimal. Dia juga mengaku tingkat kekerasan terhadap perempaun dan anak tahun ini mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya.

“ Alhamdulilah menurun, dari data yang kami kantongi 2018 menunjukan penurunan,” jelasnya

Kendati begitu, Hadija Tukuboya sangat menyesalkan ketidakhadiran atau perwakilan partai politik. Padahal tujuan seminar Three Ends ini mengajak seluruh stakeholder untuk secara bersama-sama melindungi keluarga dari kekerasan baik bentuk fisik maupun non fisik. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini