PMD Kota Tidore Bentuk Tim Pembina dan Satgas Desa

/ Kamis, 02 Agustus 2018 / 21.40
Raker Tim Pembina dan Satgas Desa Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018. Kamis (2/8)
TIDORE- Pemerintah kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  Kota Tidore Kepulauan Menggelar Rapat Kerja (Raker) Tim Pembina dan Satgas Desa Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018, kegiatan tersebut mengusung tema "Membangun sinergitas Tim, kompak dan berkinerja untuk mewujudkan pengelolaan keuangan Desa yang transparan dan akuntabel". bertempat di Meeting Room Penginapan Seroja Kelurahan Soasio kecamatan Tidore Kota Tidore Kepulauan. Kamis. (2/8/2018)

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim dalam arahannya menyampaikan, penggunaan dana desa  aturannya sudah jelas dan diharapkan penggunaannya sesuai aturan.

Menurutnya, Ada beberapa desa yang kinerjanya belum sesuai aturan untuk itu diharapkan adanya sinergisitas, kekompakan tim dan berkinerja untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel.

"Dana Desa harus dikelola secara profesional dan penuh tanggung jawab sesuai  dengan kebutuhan Desa tersebut sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari wilayah atau Desa-Desa lainnya. Selain itu dirinya berharap agar  Kedepannya  Raker dapat  dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dan bertempat dikecamatan oba".Ucapnya

Sementara dikesempatan yang sama ketua penyelenggara panitia, Rudy Ipaenin mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah membahas permasalahan aktual dalam pengelolaan keuangan di Desa-Desa dalam wilayah Kota Tidore Kepulauan.

“ sehingga solusinya, kami menyusun langkah- langkah taktis pelaksanaan yakni pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan pengelolaan keuangan desa dan menyusun jadwal rencana pelaksanaan sosialisasi Momerandum of Understanding (MoU), Pedoman Kerja POLRI dan 2 kementrian serta penyuluhan tentang pencegahan korupsi” Lanjutnya

Dalam  Raker juga disampaikan pemaparan laporan tentang paparan hasil monitoring Dinas PMD atas pelaksanaan ADD triwulan I dan II serta DD tahap I dan II Tahun Anggaran 2018 oleh Kepala Dinas PMD, paparan hasil pemeriksaan Inspektorat, atas Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2017 oleh Inspektur Inspektorat, paparan pelaksanaan pembinaan ke Desa dan pelaksanaan transfer ADD dan DD TA/2018 ke RKD,paparan penganan kasus di Polres terkait dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan desa sampai bulan juli 2018 oleh Kasi/ Intelijen dan diskusi umum permasalahan pengelolaan keuangan desa dan solusinya oleh seluruh peserta Rapat Kerja dan diakhiri dengan penyampaian hasil rapat kerja oleh Ketua Satgas Desa.

kegiatan ini dihadiri, Anggota Tim Pembina, Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, Kapolres Tidore AKBP Doly Heriyadi,S.Ik dan Anggota Tim Satuan Tugas Dana Desa (Satgas Desa) Dinas PMD, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat, Kasi Intel Kejaksaan dan Kasat Reskrim Polres Tidore. (Dar)
Komentar Anda

Berita Terkini