Puluhan Warga Wailoa Keracunan Makanan di Pesta Pernikahan

/ Sabtu, 11 Agustus 2018 / 18.20
Puluhan Warga yang Mengalami Keracunan. Sabtu (11/8)
TOBELO - Puluhan warga Desa Wailoa, Kecamatan Malifut, Kabupaten Hamlahera Utara, mengalami keracunan setelah diduga mengonsumsi makanan di pesta pernikahan warga setempat. Sabtu (11/8/2018).

Para korban keracunan massal kemudian di larikan ke Puskesmas Malifut Karena mengeluh mual dan lemas usai mengkonsumsi hidangan makanan tersebut.

Namun karena jumlah pasien dengan kapasitas Puskesmas tidak seimbang, keluarga korban kemudian melarikan sebagian pasien ke Puskesmas Daru dan Rumah sakit bergerak yang terletak di kecamatan Kao Utara untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Kini kondisi pasien makin membaik, untuk total pasien sementara di data untuk jumlah pastinya belum bisa di pasatikan tetapi di perkirakan sekitar lebih dari 50 orang," Ucap Yayu perawat di RS bergerak.

Ia menuturkan, Awalnya mereka di rawat di puskesmas Malifut dan Daru, namun sudah di rujuk semua ke RS Bergerak untuk mendapat penanganan lebih intensif.

Selanjutnya, di sentil mengenai jenis makanan yang di duga mengandung racun, yayu menjelaskan "Biasanya warga sering keracunan akibat mengkonsumsi daging, Namun kali ini berbeda, sebab. Pengakuan dari para pasien bervariasi dari makanan yang di konsumsi sebelum merasa mual dan pusing," Ungkap Yayu berdasarkan keterangan korban.

Ia menjelaskan, Para pasien umumnya mengeluhkan pusing dan lemas, dan makanan yang di makan dari pengakuan sejumlah korban bervariasi.

"Ada yang bilang hanya makan nasi dan ikan, ada juga nasi dan daging,"Bebernya

Menurutnya, mengingat ini merupakan Kejadian Luar Biasa, Sehingga RS bergerak langsun berkordinasi dengan dinas kesehatan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan akan mengambil sampel berupa veses serta muntahan para pasien untuk mengetahui penyebab keracunan,"jelasnya

"Sampel tersebut kemudian akan diuji di laboratorium oleh Dinas Kesehatan," Tandasnya (jaha)
Komentar Anda

Berita Terkini