Sita Handphone Napi, Cegah Peredaran Narkoba di Rutan dan Lapas

/ Minggu, 05 Agustus 2018 / 22.12
Kadiv Lapas Kemenkumham Malut Muji Raharjo

TERNATE - Devisi Lembaga Permasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Malut) terus melakukan pengawasan dan pecegahan peredaran narkoba di setiap  Rumah Tahanan (Rutan)  maupun Lembaga melalui operasi oleh tim gabungan.

" Pengawasan peredaran narkoba di Rutan atau Lapas terus dilakukan operasi tim gabungan mulai dari Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP)  dengan wilayah pencegahan, itu sudah jelas kita laksanakan," ungkap Kepala Devisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Malut Muji Raharjo saat di konfirmasi sejumlah wartawan usai melakukan kegiatan di Kantor LPP Ternate. Pada Minggu (5/8/2018).

Muji menjelaskan, tim gabungan berjumlah 40 orang yang selalu beroperasi di setiap kamar untuk memeriksa sejumlah barang narapidana sebagai langkah serius untuk memberantas narkoba di dalam rutan maupun lapas. Tak hanya itu,  narapidana yang menggunakan handphone akan disita sesuai peraturan yang berlaku.

"Kami tegas siapa pun yang melakukan akan ditindak tegas, apalagi pegawai yang mengunakan narkoba itu di pecat secara tidak terhormat," tegas Muji.

Saat ini, kata Muji, ada dua orang pegawai masuk unsur pemecatan, satu pegawai Lapas Ternate dan satunya lagi pegawai LLP yang tinggal menunggu keputusan dari Menteri Hukum dan HAM untuk dipecat, karena  komitmen kami siapa pun orangnya tetap di pecat.

"Sementara napi sendiri tidak bisa memiliki handphone, kemarin kami sita di tiap-tiap kamar kami menemukan HP sebanyak 12 unit kami langsung sita HP tersebut,” ujarnya. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini