Wawali Tidore resmi Launching Proyek Perubahan Sogoroho Dowongi "Pembersihan Pantai"

/ Sabtu, 11 Agustus 2018 / 17.27
Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen saat meresmikan Launching proyek perubahan sogoroho Dowongi (pembersih pantai) di Pantai Wisata Maitara Utara. Sabtu (11/8)
TIDORE- Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbupar) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan Launching Proyek Perubahan Sogoroho Dowongi (pembersihan Pantai), yang berlangsung di Pantai Wisata Desa Maitara Utara, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Sabtu (11/8/2018) pagi tadi.

Wakil Walikota Muhammad Sinen dalam sambutannya menyampaikan, Sogoroho Dowongi (Pembersihan Pantai) harus menjadi komitmen bersama, karena sampah terutama sampah plastik masih menjadi momok dan masalah yang sangat serius, sekaligus isu lingkungan paling fundamental (mendasar) yang belum dapat di selesaikan secara tuntas.

"Launching Sogoroho Dowongi ( Pembersihan pantai) pada hari ini bukan sekedar seremonial atau Lips Service, tetapi benar-benar merupakan suatu gerakan yang membumi untuk mengatasi ancaman sampah terutama sampah plastik yang selama ini jadi momok sangat menakutkan,"Ajaknya

"kita tidak boleh membuang sampah di sembarangan tempat, apalagi di laut yang berakibat akan merusak ekosistem dan biodata laut dalam berkembang biak,"Lanjutnya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebuadayaan dan pariwisata (Disbupar) Kota Tidore Kepulauan, Yakub Husain menjelaskan, tujuan kegiatan ini, untuk jangka menengah dan jangka panjangnya adalah pengolaan sampah di Desa Maitara Utara notabennya adalah tempat wisata dapat berjalan dengan baik dan bisa mengatasi sampah sepanjang tahun di Desa Maitara.

"dengan membuka tempat pembuangan akhir (TPA) ini,saya berharap dapat mengalihkan kegiatan masyarakat yang sering membuang sampah kelaut dan balik ke tempat sampah,"Harapnya

Lanjutnya, Dispubar bekerja sama dengan DLH untuk mengadakan penimbangan sampah gardus (kertas) dan penimbangan sampah plastik sebagai solusi dalam memrcahkan permasalahan sampah.

"Kami telah membentuk bank sampah setiap hari jumat dengan tujuan dapat mengkordinir untuk pengumpulan sampah, agar dapat mengatasi sampah di Desa Maitara,"Jelasnya

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Pengukuhan kelompok sadar Wisata Seribu Impian Desa Maitara Utara, Pengurus Bank sampah Kailupa Desa Maitara Utara, dan transplantasi tanam Karang.

Kegiatan ini di hadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan H. Rahmawati Muhammad, Pimpinan SKPD Kota Tidore Kepulauan, Tokoh Masyarakat Desa Maitara, Tokoh Adat, Mahasiswa kubermas Unkhair. (Dar)
Komentar Anda

Berita Terkini