Bantuan Raskin di Konversi Menjadi Bantuan Pangan Non Tunai

/ Senin, 03 September 2018 / 22.43
Kepala Dinas Sosial, Amir Grotomole
TIDORE - Dinas Sosial, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), mulai bulan Juli 2018 lalu. Telah melaksanakan kebijakan pemerintah pusat berupa bantuan beras miskin (Raskin) yang di konversi menjadi bantuan pangan non tunai.Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial, Kota Tikep, Amir Grotomole, menyebutkan dari 10 Kab/Kota yang ada di Provinsi Maluku Utara, hanya 2 kota yang menerapkan konversi raskin menjadi bantuan pangan non tunai, yakni Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate.

“ Tahun lalu Dinas Sosial menyalurkan 15 kilogram per kepala keluarga, untuk 5.090 kepala keluarga (KK) di Kota Tidore Kepulauan, maka tahun ini bantuan raskin diubah menjadi bantuan non tunai senilai Rp.110.000 untuk satu KK untuk mengambil beras dan telur di warung yang berada di setiap kecamatan yang bekerja sama dengan dinas sosial,” ujar Amir kepada wartawan media ini. Senin (3/9/2018).

Lanjutnya, adapun sosialisasi baru dilakukan kepada tenaga kerja sosial di setiap kecamatan secara door to door ke pengurus warung di setiap kecamatan.


" Masyarakat penerima bantuan ini akan menggunakan kartu elektronik sebagai entitas untuk melakukan transaksi di warung di setiap kecamatan dengan jumlah 110 ribu tersebut, " jelasnya.


Saat ini Dinas Sosial Kota Tikep tengah mengenjot pemuktahiran data hingga bulan September mendatang, apabila ada kepala keluarga tak mampu, maka akan segera di data untuk menerima bantuan pangan non tunai, tambahnya.(dar)
Komentar Anda

Berita Terkini