Bawaslu Kota Ternate Sosialisasi Rekrutmen Pengawas Pemilu

/ Kamis, 20 September 2018 / 00.31
Bawaslu Kota Ternate

TERNATE –Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kota Ternate gelar Sosialisai dan rekrutmen pengawas pemilu bahari di tingkat Kecamatan. Yang di Kelurahan Moti Kota, Kecamatan Moti, yang dipusatkan di Kantor Kecamatan setempat, Rabu (19/9/2018).
Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan dari pemerintah Kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda, serta mahasiswa juga siswa SMA/SMK yang masuk kategori pemilih pemula.

Kordinator Devisi (Kordiv) Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Kota Ternate, Sulfi Majid dalam materi penyampaiannya mengatakan, Tugas relawan pengawas pemilu adalah melakukan pengawasan terhadap tahapan masa kampanye dimulai hingga masuk pada masa tenang, kemudian berlanjut pada hari pemungutan dan penghitungan suara.

“Untuk itu, relawan dapat memberikan informasi dugaan pelanggaran kepada Bawaslu kabupaten/kota melalui Pengawas Desa/Kelurahan atau Panwaslu Kecamatan," ungkapnya.

Lanjut  Sulfi, bagi relawan berkewajiban untuk mendapatkan buku panduan Relawan Pengawas Pemilu yang dapat diunduh melalui website www.bawaslu.go.id, selain itu juga relawan juga wajib mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) atau pelatihan oleh lembaga pengawasan pemilu. dan relawan juga harus mendapatkan kartu identitas dari Bawaslu melalui Bawaslu Provinsi dan Panwaslu Kabupaten/Kota sebagai bukti legal dalam menjalankan tugasnya untuk mengawasi dan mengumpulkan informasi pada saat proses penyelenggaraan pemilu dijalankan.

“Jadi harus membaca petunjuk didalam buku panduan relawan dengan teliti untuk mengawasi tahapan kampanye di tingkat Desa/Kelurahan, dan tahapan pemungutan suara di tingkat TPS. kemudian menyerahkan catatan dalam bentuk laporan pengawasan ke PPL, dan Panwaslu Kecamatan, atau Bawaslu. juga harus mematuhi kode etik relawan, serta menghormati kedudukan, tugas, dan wewenangnya dan menghormati adat istiadat dan  budaya setempat dan yang terakhir menjamin akurasi data dan informasi hasil pengawasan pemilu yang telah dilakukan," jelasnya.

Lanjut Sulfi, pihaknya berharap setelah dibentuknya relawan pengawasan pemilu di seluruh Kelurahan/Desa se Kematan Moti itu, dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala apapun.

“setelah terbentuk, relawan ini dapat difungsikan dan dihidupkan sebaik-baiknya. Jangan kemudian setelah dibentuk lalu dibiarkan begitu saja, jadi terkesan mati ditengah jalan," harapannya.

Sebelumnya, sosialisasi pengawasan pemilu dan rekrutmen pengawasan pemilu ini, dibuka oleh Ketua Panwascam Moti, Roslan Talib, dalam sambutanya berharap agenda tersebut dapat memberikan manfaat dan kesadaran bagi masyarat pada umumnya.

“Saya berharap kesadaran masyarakat terkait dengan pengawasan pemilu, untuk itu mari kita bersama-sama untuk mengawasi jalannya pemilu tahun 2019 ini," singkatnya.(cul)
Komentar Anda

Berita Terkini