Enam Bacaleg Kota Tidore Terancam di Coret. Ada Apa?

/ Senin, 10 September 2018 / 19.08
Ketua Pokja Pencalonan anggota DPRD Pemilu 2019, KPU Kota Tidore Kepulauan, Jainul Yusup.

TIDORE, NUSANTARATIMUR.COM –  Enam (6) bakal calon legislatif (Bacaleg) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), terancam dicoret oleh Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Tikep.

Pasalnya,  berkas  ke enam bacaleg hingga saat ini belum memasukan surat pengunduran diri dari instansi terkait maupun Surat Keputusan (SK) pemberhentian dari Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut). Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pokja Pencalonan anggota DPRD Pemilu 2019,  KPU Kota Tidore Kepulauan  Jainul Yusup, kepada wartawan media ini. Senin (10/9/2018)

“ Persyaratan tersebut harus segera di masukan oleh ke enam bacaleg ke KPU Kota Tidore, kalau tidak maka akan di coret, kami  (KPU Tidore –red) tetap konsisten dengan aturan perundang-undangan, kami tidak main-main di sini," tegas Jainul.

Menurutnya, ke enam bacaleg yang berkasnya tidak lengkap, yakni Umar Ismail dari Partai Amanat Nasional (PAN) Nomor Urut 1 Daerah Pemilihan III, Wahab Samad Bacaleg dari Partai Demokrat Nomor Urut 1 dapil II (dua) berstatus sebagai Apatur Sipil Negara (ASN). Bacaleg lainnya yakni dari PDI-Perjuangan  Ade Kama  yang masih menjabat  sebagai anggota DPRD Tidore dari PPP dan Abdul Jalal Maradjabesi dari partai Demokrat yang kini berpindah dan mencalonkan menggunakan partai PDI-Perjuangan dalam Pileg 2019 mendatang, masih terkendala karena belum memasukan surat keputusan (SK) pemberhentian dari Gubernur Maluku Utara. sedangkan bacaleg lainnya yakni, Suhardi yang mencalonkan diri mengunakan partai PKPI dan Ibrahim Kama yang mencalonkan diri menggunakan Partai PKB yang masih terkendalah surat keputusan (SK) pemberhentian dari kepala Desa karena keduanya bekerja di badan usaha milik Desa (Bumdes).

“Total bacaleg yang masih terkendala yakni berjumlah enam (6) orang dan kami (KPU Tidore -red) memberikan kesempatan sampai pada tanggal 19/9 mendatang untuk memasukan SK Pemberhentiannya, bila sampai waktu yang di tentukan itu belum juga dimasukan persyaratan tersebut maka sudah di pastikan akan tidak memenuhi syarat (TMS) dan di coret, sehingga di pastikan tidak masuk dalam daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD pada Pemilu tahun 2019 mendatang, Tandasnya

Sejauh ini kami sudah berupaya menghubungi ke enam (6) bacaleg yang bersangkutan, hanya saja mereka (bacaleg-red) masih di tahap janji-janji manis belum pasti kapan di masukkan ke KPU Tidore. tutupnya.

Reporter : Aidar Salasa
Editor : Rian Polapa
Komentar Anda

Berita Terkini