Gubernur Malut Resmikan Dua Bangunan TTICD

/ Selasa, 04 September 2018 / 19.56
Gubernur Maluku Utara (Malut), KH. Abdul Ghani Kasuba, secara simbolis meresmikan dua bangunan Toko Tani Indonesia Center Daerah (TTICD). Selasa (4/9)
SOFIFI – Gubernur Maluku Utara (Malut), KH. Abdul Ghani Kasuba, secara simbolis meresmikan dua bangunan Toko Tani Indonesia Center Daerah (TTICD) masing–masing TTICD, Kao Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan TTICD Sofifi Kota Tidore Kepulauan. 

Peresmian ini dipusatkan di TTICD di Kantor Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara yang dihadiri pimpinan SKPD maupun unsur Forkopimda, Selasa (4/9/2018) pagi tadi.


Gubernur Malut KH. Abdul Ghani Kasuba diwawancarai Nusantaratimur siang tadi, memberikan apresiasi penuh atas pembangunan dua gedung TTCID di dua daerah ini. Menurutnya, TTICD merupakan salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan pokok masyarakat Maluku Utara. 


“ Ini karena TTICD menjual komoditi pangan yang murah hanya 20 peresen harga pangan, toko tani yang digagas Pemprov ini juga turut membantu menekan lanju inflasi daerah. Selain itu, TTICD kata gubernur juga turut membantu memberdayakan ekonomi kreaktif warga dimana seluruh komoditi pangan yang dijual adalah hasil dari kelompok tani dari daerah dimana TTICD itu berada.


“Hampir 20 persen harga disini masih termasuk murah.Ini juga untuk mengantisipasi lonjakan harga,kita di Malut dapat predikat terbaik sebagai daerah penekan inflasi nasional,saya berharap dengan adanya TTICD ini dapat membantu menumbuhkan ekonomi warga,”ujar gubernur.


Terpisah, Kepala Dinas Pangan Provinsi Malut,Syaiful Turuy kepada wartawan menyampaikan, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pangan baru membangun TTICD didua daerah tersebut yaitu di Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Utara dengan memberdayakan kelompok tani.


“Baru ada didua Kabupaten Kota yakni di Halut dan di Sofifi Tikep yang menjadi basis pengembangan produk komuditi pangan,”kata Syaiful.


Tidak menutup kemungkinan TTICD di daerah - daerah lain juga akan dibangun,hanya saja saat ini Pemerintah baru akan memfokuskan di daerah – daerah sentral pengembangan produksi komoditi pangan seperti padi,bawang merah dan bawang putih,cabai,ditambah lintas kerjasama dengan pihak distributor minyak kelapa sebagai penyuplai ke TTICD untuk dijual kembali ke warga masyarakat sekitar, sambung Saiful. 


Menariknya,produk yang dijual TTICD adalah hasil olahan kelompok tani yang dibentuk dan diberdayakan langsung oleh Dinas Pangan.
“Kita belum bentuk kelompoknya di Kabupaten kota lain termasuk di Sofifi ini.Kita utamakan di daerah basis – basis produksi pangan dulu,”pungkasnya.(bices)

Komentar Anda

Berita Terkini