Mokhtar Umamit : Penyusunan APBDes Mengacu Keputusan Bersama Pemdes, BPD dan Masyarakat

/ Sabtu, 08 September 2018 / 00.05
Kepala DPMD Malut, Drs Mokhtar Umamit

SOFIFI, Nusantaratimur.com –
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Maluku Utara (Malut), Mukhtar Umamit menegaskan, penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB-Des) harus mengacu pada keputusan bersama antara Pemerintah Desa, BPD maupun masyarakat melalui musyawarah mufakat.

Penegasan ini menyusul adanya hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Malut yang menemukan penyimpangan pada pengelolaan anggaran desa khususnya pada kegiatan – kegiatan fisik yang tak ubahnya seperti kegiatan proyek milik Pemerintah Kabupaten/Kota serta Provinsi, ujar Mokhtar Umamit, kepada wartawan Nusantaratimur.com, Jumat (7/9).

Lanjut Mokhtar, mestinya kegiatan – kegiatan fisik yang dianggarkan Pemdes harus sesuai dengan regulasinya, dimana pengelolaannya lebih pada kegiatan padat karya serta tidak dimanfaatkan untuk kepentingan oknum kepala desa maupun perangkatnya.

Musyawarah tingkat desa itu adalah sebuah keputusan yang final, begitu juga dengan penyusunan APB-Des seluruhnya harus mengacu pada hasil musyawarah. Jadi apa yang dituangkan di dalam APB-Des mengacu pada hasil musyawarah tidak bisa diutak-atik oleh Pemerintah Desa,” tegas Umamit.

Tak hanya itu, Ia juga menyentil soal pelaporan anggaran dana desa yang selama ini tidak pernah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota ke gubernur selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat sesuai mekanisme yang telah diatur. Padahal sebagai kepala daerah, gubernur adalah perwakilan Pemerintah Pusat yang kedudukannya sama dengan pembantu Presiden.

“Sebenarnya ada regulasi yang mengaturnya, kalau memang setelah anggaran desanya sudah realisasi di lapangan secara keseluruhan dan di laporan ke Kanwil Perbendaharaan, tapi tembusannya juga harus disampaikan ke gubernur selaku perwakilan Pusat di Daerah, namun selama ini tidak dilaksanakan,” jelasnya.(bices)
Komentar Anda

Berita Terkini