Pelaksanaan PSU di Enam Desa, KPU Halbar Harus Dilibatkan

/ Sabtu, 22 September 2018 / 00.43
Kordinator Brigade Satu Hati, Sukardi Marsaoly
TERNATE -  Brigade Satu Hati kembali menanggapi  pernyataan  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara Syahrani Somadayo menyebutkan   tidak ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi pemilih Enam Desa perbatasan Halmahera Barat-Halmahera Utara (Halbar-Halut).

Menurut Koordinator Brigade Satu, Sukardi Marsaoly mengatakan bahwa pernyataan KPU Malut sangat keliru, apabila tidak melibatkan KPU Halbar dalam penyelenggaraan PSU di enam Desa. Padahal secara umum sebagaimana kita ketahui  enam desa Kartu Tanda Penduduk di terbitkan Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat.  

“ Kita mengapresiasi kinerja KPU Malut, Namun disarankan KPU Halbar dilibatkan dalam PSU di enam desa,” ungkap Sukardi Marsaoly kepada media ini. Jumat (21/9/2018).

Lanjut Sukardi,  KPU  tidak boleh mengambil sikap hanya melibatkan KPU Halmahera Utara semata, jika itu dilakukan dikhawatirkan akan menimbulkan konflik. Sebab  rata-rata DPT di enam desa itu memiliki e-KTP maupun KK-nya di Halmahera Barat.

“ Kiranya ketika tidak melibatkan KPU Halbar, maka di sinilah potensi konflik akan terjadi karena permasalahan awal masyarakat enam desa tidak menyalurkan suara pada pilgub kemarin, karena sebagian besar masyarakat enam Desa menolak untuk menyalurkan suara, jika petugas PPS maupun KPPS berasal dari KPU Halut. Jadi bagaimana bisa KPU Malut tidak melibatkan KPU Halbar sesuai putusan  Mahkamah Konstitusi (MK) terkait PSU,” tukas Sukardi.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang kita tidak inginkan bersama dalam pelaksanaan PSU. Ia meminta  KPU Malut harus melibatkan KPU Halbar dan KPU Halut agar bersama-sama melakukan pencocokan DPT. Sehingga masyarakat enam Desa dapat menyalurkan hak pilih mereka dengan benar.

“ Ketika KPU provinsi hanya memerintahkan KPU Halut, maka disini pasti warga enam Desa yang ber-KTP atau KK nya di Halbar pasti tidak menyalurkan hak suaranya, maka wajib KPU Halbar juga menyediakan TPS di enam desa tersebut,” ujarnya. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini