Pengurusan SKCK, Pelamar CPNS Serbu Polres Minsel

/ Sabtu, 22 September 2018 / 23.06
Petugas Polres Minsel saat melayani pengurusan SKCK (Dok: Marlen)

MINSEL
– Semenjak Pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tanggal 19 September 2018 lalu. Para pencari kerja   membludak ajukan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Polres Minahasa Selatan (Minsel). Pada Sabtu (22/9/2018).


Pasalnya, SKCK merupakan salah satu syarat untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini. Berdasarkan pantauan Nusantaratimur.com  warga yang ingin mengajukan pembuatan SKCK terlihat sejak pagi. Bahkan warga yang menganteri rela kepanasan di bawah terik matahari menunggu giliran namanya dipanggil. 

Selain para petugas pun terlihat sedikit kewalahan diserbu para pencari kerja  yang mengantre untuk mengambil formulir hasil sidik jari.

Salah pencari kerja sebut saja Stefani (25), mengaku baru pertama kali membuat SKCK untuk mengikuti seleksi CPNS. Ia sempat terkejut saat melihat panjangnya antrean begitu dirinya tiba di Polres Minsel.

“Saya kaget, pas datang pukul 09.00 WIT tadi sudah ramai yang antre, saya saja sudah sejam-lah nunggu dipanggil untuk sidik jari,” ujar  Stefani di Polres Minsel.

Beda halnya dengan Joshua (20). Pendaftar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) ini mengaku tidak heran melihat ramainya yang membuat SKCK.

“Saya ndak kaget, soalnya sudah tahu banyak yang daftar CPNS jadi yang buat SKCk sudah pasti ramai, berbarengan juga kan pendaftaran TNI AD,” ucap Joshua

Joshua mengatakan, salah satu syarat mendaftar menjadi anggota TNI AD adalah membuat SKCK di Polres.

Sementara itu, Dian (23) mengatakan, meski ia harus menganteri panjang, pelayanan yang diberikan pihak Polres Minsel cukup baik. 

“Memang lagi banyak yang buat SKCK makanya membeludak ya, tapi tidak ada yang dipersulit kok,” ucap Dian. 

Ia ingin menjadi PNS karena menurutnya PNS mempunyai masa depan yang menjanjikan, tambahnya.

Secara terpisah, Kepala Satuan Intelejen Keamanan (Intelkam) Polres Minsel AKP. Killion Landangkasiang membenarkan bahwa pemohon pembuatan SKCK di Polres Minsel membeludak.

“Hari biasa rata-rata 20 pemohon, namun menjelang pendaftaran PNS sampai saat ini pun jadi ramai yang membuat SKCK, Hari ini saja ada Ratusan lebih yang buat SKCK,” ucap Kasat.

Kasat juga menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan blanko lebih untuk mengantisipasi keramaian ini.

“ Untuk kenyamanan pemohon SKCK, kami pun menambahkan tempat duduk di depan ruang sidik jari,” ungkap Killion.

Seperti diketahui pendaftar Online CPNS dibuka mulai tanggal 19 September kemarin melalui situs web sscn.bkn.go.id.

 Sementara total formasi CPNS yang dibuka, yaitu 238.015 yang terdiri dari 51.271 instansi pusat (76 kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 instansi daerah). (Marlen)
Komentar Anda

Berita Terkini