Personil Satpol PP dan Damkar Halbar Ikut Pembekalan dan Uji Kompetensi

/ Selasa, 04 September 2018 / 19.04
41 personil Satuan Polisi Pamong Praja & Pemadam Kebakaran(Satpol-PP dan DAMKAR) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Selasa (4/9)
TERNATE - Sebanyak 41 personil Satuan Polisi Pamong Praja & Pemadam Kebakaran(Satpol-PP dan DAMKAR) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mengikuti pembekalan dan uji kompetensi jabatan fungsional Satpol-PP. 

Kegiatan tersebut terhitung dari tanggal 4 - 6 September 2018 yang dilaksanakan di Ternate oleh BPSDM Provinsi Maluku Utara sekaligus pembawa materi, dan dibuka langsung oleh Direktur Satpol PP Ir. Assadulah. M.Si.

Kabid Trantibum Satpo PP dan Danmkar Kabupaten Halbar Abjan Tabaika, sebagai pendamping peserta uji kompetensi kepada sejumlah awak media Selasa (4/9/2019) mengatakan, uji kompetensi dilaksanakan di ternate selama empat hari terhitung mulai tanggal 4 sampai 6 septeember 2018. 


" Tujuan uji kompetensi ini, yakni untuk memetakan profil dan mengukur tingkat kompetensi Satpol PP. "Ucapnya.


Dia menuturkan, standar kompetensi menjadi acuan pelaksanaan uji kompetensi dalam rangka inpassing/penyesuaian jabatan fungsional Satpol PP Selanjutnya untuk kenaikan jenjang jabatan, baik tingkat ahli maupun terampil, dan materi uji kompetensi yang diujikan pada hari pertama maupun di hari ke kedua diantaranya. 


" Uji kompetensi bagi aparat Satpol PP, dalam rangka inpasing jabatan fungsional, lalu jabatan fungsional Satpol PP, dalam rangka peningkatan kapasitas SDM," tuturnya.


Abjan menjelaskan, pada hari ketiga materi uji kompetensi yaitu tentang arah kebijakan dalam peningkatan profesionalisme polisi pamong praja, kemudian kebijakan umum Kementrian Dalam Negeri bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. 


" Fasilitasi uji kompetensi bagi aparat Satpol PP, serta Uji kompetensi jabatan fungsional sebagai salah satu cara untuk meningkatkan profesional Satpol-PP, dan diakhir ujian peserta mengkuti ujian lisan dan wawancara," pungkasnya.


Ia menambahkan, untuk pengukuran kompetensi berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 800/120/SJ Tanggal 15 Januari 2016 tentang Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Satpol PP, mengikuti uji kompetensi ini ada beberapa persyarratan salah satu diantaranya yaitu tes Narkoba bagi anggota yg mengikuti uji kompetensi tersebut.


“Uji kompetensi ini adalah pertama kali diikuti oleh satpol pp & damkar halbar, dan diharapkan melalui uji kompetensi ini, anggota Satpol pp dan damkar kedepan lebih memahami tugas, pokok dan fungsinya, dan kedepan akan lebih dalam melaksanakan tupoksi sebagaimana mesti. "Tandasnya.(ncs)
Komentar Anda

Berita Terkini