Pertama Kali Obor Asian Para Games 2018, Dinyalakan di Ternate

/ Minggu, 09 September 2018 / 18.02
Menpora Imam Nahrawi 
TERNATE, NUSANTARATIMUR.COM- Pertama kalinya dalam sejarah event olahraga level Internasional obor Asian Para Games 2018, dinyalakan di Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Api dari lentera yang diinapkan semalam di keraton Kesultanan Ternate sejak kedatangannya dari Solo, Sabtu (9/9) kemarin disulutkan Menpora Imam Nahrawi di halaman keraton Kesultanan Ternate dan dibawa secara maraton oleh sejumlah Muspida, artis Selvi KDI, hingga perwakilan atlet Nasional dan lokal penyandang distabilitas menuju pusat Kota Ternate sejauh 2 kilometer.

Dalam perjalanan kurang lebih 2 jam pawai obor dikawal oleh rombongan ratusan pesepeda, atraksi Marching Band, pembawa bendera negara peserta Asian Para Games hingga akhirnya di terima kembali oleh Menpora dan finis di tangan Wali kota Ternate Burhan Abdurahman di panggung utama Land Mark (Zero Poin) pusat kota.

Rencananya, pukul 20.00 WIT Obor, kembali dibawa secara maraton ke lapangan Gelora Kie Raha guna ditampilkan di puncak acara Hari Olahraga Nasional (Haornas) malam nanti.

Menpora, Imam Nahrawi dalam sambutannya mengatakan, pawai obor Asian Para Games 2018 merupakan sejarah bagi warga Ternate dan Provinsi Malut. Di mana, kata Imam untuk pertama kalinya obor dinyalakan di daerah kesultanan.

"Ini momentum pertama kali Asian para Games di Indonesia dan penyalaan obor pertama kalinya di daerah kesultanan. Dari Ternate obor ini akan kami bawah ke seluruh Nusantara sebagai Gelora semangat Asian Para Games 2018,"ucap Imam

Sementara itu, ketua INAPGOC, Radja Sapta Oktohari menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada rakyat Malut atas dukungan dan menyukseskan perhelatan Asian Para Games 2018.

"Semoga lancar, sukses di kegiatan maupun di prestasi, mudah -mudahan ini jadi sejarah bangsa Indonesia bagi kaum distabilitas," tuturnya. (acul)
Komentar Anda

Berita Terkini