Wakil Gubernur Malut Buka Acara Jitupasna

/ Senin, 24 September 2018 / 19.11
Wagub M.Natsir Thaib Resmi Buka Acara Pembentukan Jitupasna (Dok : Aby)

SOFIFI – Wakil Gubernur Maluku Utara Ir.Muhammad Natsir Thaib resmi membuka acara pembentukan tim pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitupasna) yang dilaksanakan di metting room,Yusmar Sofifi,Senin (24/9/2019).

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Malut ini berlangsung selama lima (5) hari dan dihadiri perwakilan ASN dari masing-masing SKPD. Kegiatan ini juga didukung oleh USAID,LINGKAR, Mecy Corps Indonesia maupun TATT’s.
Wagub M.Natsir Thaib dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas pembentukan tim ini.Menurutnya pembentukan tim ini sangat penting untuk dibekali dengan ilmu pengetahuan bagaimana menanggulangi korban paskah bencana terutama di Maluku Utara yang rawan dengan bencana alam.

“Wilayah Malut berada pada tiga titik lempengan tektonik yang sewaktu-waktu bisa terjadi bencana.Olehnya itu,daerah kita ini disebut cincin api,”kata Natsir Thaib.
Natsir Thaib menegaskan, diperlukan tim yang tanggap untuk menganalisa dampak dari pasca bencana alam seperti yang digagas ini.

“ Tim ini penting dibentuk untuk menggalang kekuatan meringankan para korban bencana alam. Maka dari itu tim ini dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana mengananalisa dampak pasca bencana. Harus diakui, kelemahan kita di Malut karena belum ada tim khusus untuk menganalisa kerugian paskah bencana,”ungkapnya.

Kendati begitu, tingkat keberhasila tim Jitupasna yang akan dibentuk ini, kata Wagub Natsir Thaib tergantung komunikasi serta koordinasi yang baik antara tim di Provinsi maupun instansi terkait di Kabupaten dan Kota.

“ Keberhasilannya tergantung tingkat komunikasi dan koordinasi sebab keduanya juga menentukan.Jadi harapan saya para peserta yang mengikuti kegiatan ini harus serius,”pungkasnya.(bices)
Komentar Anda

Berita Terkini