Kelola APBDes Tidak Transparan, Warga Lolori Datangi DPRD Halbar

/ Senin, 08 Oktober 2018 / 21.03
Hearing : Warga Desa Lolori bersama Komisi I DPRD Halbar

HALBAR - Diduga tidak transparan dalam menyusun dan mengelola Anggaran Pendapat Belanja Desa (APBDes) 2016-2017. Kepala Desa Lolori, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kornales King, diadukan warganya ke Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halbar.

Pantauan media ini, Rabu (8/10) di ruang Komisi II berlangsung alot. Pasalnya, hearing tersebut masyarakat bersama Komisi I DPRD Halbar meminta agar Kades Lolori harus terbuka dalam penyusunan APBDes dan sejumlah persoalan lainnya.

"Kami (masyarakat) minta DPRD Halbar segera memanggil Kades Lolori untuk mempertanyakan sejumlah masalah yang telah diarahkan hari ini. Karena bukan kali pertama kami melakukan aduan ke DPRD Halbar," tegas salah satu warga Lolori dalam hering itu.

Ketua Komisi I DPRD Halbar Djufri Muhammad, mengaku desakan masyarakat ini hanya terkait transparansi penyelenggaraan APBDes oleh Kades Lolori, adanya pungli dan gratifikasi dan pembagian Raskin yang tak sesuai penerimaan di Desa

"Kami (komisi I) akan rembuk dulu terkait laporan warga Lolori ini, setalah itu akan melakukan kroscek lapangan dengan cara memanggil Kades Lolori ke DPRD untuk  RDP atau turun langsung ke Desa menanyakan ke masyarakat yang melakukan penandatanganan pelaporan Kades atas tidak terbuka soal APBDes 2016-2017,"tegasnya. (ncs)
Komentar Anda

Berita Terkini