Penetapan DCT, KPU Halbar Terbukti Lalai

/ Senin, 08 Oktober 2018 / 20.36
Bawaslu Halbar : Sidang Gugatan Parpol Peserta Pemilu 2019

HALBAR -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) terbukti lalai, setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  menggelar sidang  ajudikasi atas gugatan Partai Politik peserta Pemilu 2019. Pasca pleno penepatan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Halbar yang diselenggarakan pada tanggal 20 September 2018 lalu.

Bawaslu Halbar  dalam sidang ajudikasi lanjutan dengan agenda pembacaan putusan atas gugatan Partai NasDem, Partai Garuda, dan Partai Gerindra, pada Senin (8/10) siang tadi.

Devisi Hukum Bawaslu Halbar, Aknosius Datang, menyatakan kelalaian KPU merugikan calon Legislatif (Caleg) maupun Partai Politik peserta Pemilu. Dengan itu, melalui sidang ini diputuskan menerima gugatan Parpol serta meminta KPU Halbar memberikan waktu selama tiga hari terhitung sejak hari ini tanggal 8-10 Oktober 2018 kepada Caleg dan Parpol yang ingin melayangkan menggugat untuk segera melengkapi berkas.

“ Kelalaian KPU terkait surat pengunduran diri dari anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang sudah dimasukkan oleh caleg parpol tertentu kepada staf KPU, hanya saja tidak diberitahukan ke anggota KPU, sehingga dalam pleno DCT tersebut  mereka digugurkan dengan alasan tidak melengkapi berkas,” jelas Aknosius Datang kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/10).

Lanjut Aknosius, kelalaian lain KPU juga tidak menindak lanjuti informasi yang disampaikan Bawaslu Halbar tertanggal 24 Agustus 2018 tentang bakal calon yang merupakan anggota BPD harus diverifikasi berkasnya sebelum pleno dilaksanakan, karena KPU tidak di verifikasi berkas tersebut, sehingga caleg dan Parpol mengira berkas sudah lengkap,” ujarnya.

Tak hanya itu,  KPU Halbar tidak mengindahkan surat himbauan yang disampaikan oleh Bawaslu Halbar berkaitan dengan persoalan dimaksud tertanggal 7 September 2018. Akibatnya, pasca pleno DCT  sejumlah parpol peserta pemilu melayangkan gugat karena merasa dirugikan.

Sebelumnya juga pada pleno Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kabupaten Halmaher Barat terbukti lalai hingga adanya gugatan dari partai golkar saat pleno DCS itu berlangsung. Alhasil, partai berlambang pohon beringin, justru dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam pengajuan bakal caleg secara keseluruhan pada Daerah Pemilihan (Dapil) I dan III.

Atas persoalan tersebut, Bawaslu RI melakukan intervensi dalam putusannya meminta KPU memberikan hak atas partai yang mengajukan gugat atas kelalaian KPU Halbar.

Sementara turut hadir dalam sidang ajudikasi tersebut :
- Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, SH
- Kordiv Hukum Bawaslu Halbar Aknosius Datang,S.Pd.
- Kordiv PHL Bawaslu Kab. Halbar Muhammadun Hi. Adam,S.IP
- Devisi Logistik dan Keuangan KPU Halbar Bpk. Ahmad Rery,SE
- Devisi SDM KPU halbar Sdr. Abner Saban, S.si, Steol,
- Ketua Partai Garuda Halbar Yos Dominggus Silulu.
- Ketua Partai Nasdem Jufri Muhammad dan Sekretaris Fraser File
- Caleg dari Partai Gerindra Drahman Boy.

Komentar Anda

Berita Terkini