Polda Malut Bantah Adanya Intervensi DPT Oleh Anggotanya

/ Jumat, 05 Oktober 2018 / 21.11
Kabid Humas Polda Malut, Hendri Badar yang di dampinggi kaur penum subbid penmas Bid humas polda Malut, AKP Hefrizon.
TERNATE - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) membantah terkait pemberitaan yang menyebutkan anggotanya yang bertugas Polsek Taliabu Barat melakukan intervensi Daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah yang akan di laksanakan pemilihan suara ulang (PSU).

Menurut Kabid Humas Polda Malut, Hendri Badar yang di dampinggi kaur penum subbid penmas Bid humas polda Malut, AKP Hefrizon kepada media ini menjelaskan, bahwa pemberitaan tersebut tidaklah benar.

Lanjutnya Hendri, berdasarkan keterangan PPL Desa Bobong, Darwin Masuku bahwa Pemberitaan yang beredar tidaklah benar. Menurut Darwin, Tidak pernah anggota Polsek Taliabu Barat datang kerumahnya dan melakukan Intimidasi DPT. Sehingga, Foto yang dimuat dimedia sosial merupakan foto giat pencermatan DPT yang di laksanakan dikediaman Kepala Desa Bobong.

"Jadi foto yang beredar merupakan foto giat pencermatan DPT yang dihadiri oleh, Komisioner KPUD Taliabu, Syafruddin Mohalisi, Saksi Paslon 1, Hi. La Muri yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten Taliabu, Saksi Paslon 3, La Dayan Samiun, Ketua KPPS Desa Bobong Gunawan Gafar dan Anggota, serta saya sendiri (Darwin red) dan juga anggota Polsek Taliabu Barat," Jelas Kabid Humas Berdasarkan Keterangan Darwis Masuku. Jumat (5/10/2018).

Selain itu, Hendri juga menjelaskan pernyataan anggotanya yakni Aiptu Muh. Iksan Rery yang mengatakan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar.

"Saya tidak pernah mendatangi kediaman Sudara Darwin Masuku, dokumentasi yang dimuat dalam pemberitaan merupakan giat Pencermatan DPT dikediaman Kepala Desa Bobong," jelasnya

Sehingga berdasarkan bukti bahwa anggotanya tidak melakukan intimidasi DPT di wilayah PSU melainkan foto yang beredar merupakan giat pencermatan DPT, Maka dirinya (Kabid Humas red) meminta agar pemberitaan tersebut di luruskan.

"Karena pemberitaan telah menyebar, kami berharap ini segera bisa diklarifikasi dan diluruskan tentang pemberitaan yang sudah beredar tersebut sehingga tidak terjadi berita yang Hoax, berita yang tidak benar yang bisa menyesatkan, "Harap Hendri

Dalam kesempatan itu, Kabid Humas juga menunjukkan beberapa foto asli yang benar - benar utuh.

"ini adalah foto yang utuh, tempat yang sama, waktu yang sama, orang yang sama, keadaan yang sama, situasi yang sama dan foto tersebut di ambil di rumah Kepala Desa Bobong sudara Hi. Muhdin Soamole, bukan dirumah Darwin Masuku dan foto tersebut di ambil pada tanggal 29 September 2018,"Bebernya

Kabid Humas Polda Malut juga menegaskan bahwa kehadiran kepolisian tersebut secara terbuka untuk menyaksikan pencermatan yang dilakukan saat itu sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan masyarakat benar-benar melihat secara utuh.

Selanjutnya Kabid Humas Polda Malut menyampaikan bahwa, salah satu keputusan MK RI, Kepolisian Negara Republik Indonesia diperintahkan untuk melakukan pengamanan PSU, itulah dasar anggota kepolisian hadir dalam menyaksikan verifikasi faktual pencermatan DPT tersebut dalam rangka memastikan keamanan kegiatan.

"Semua demi keamanan, demi kepentingan semua, kita mau berjalan dengan jujur, aman dan adil,"Tuturnya (RN)
Komentar Anda

Berita Terkini