Sofifi Bakal Jadi Kawasan Industri Perikanan

/ Kamis, 11 Oktober 2018 / 13.09
Kepala DKP Malut, M. Buyung Radjiloen, ST
SOFIFI – Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menjadikan Sofifi sebagai daerah Kawasan Industri Perikanan (KIP). Rencananya KIP akan ditempatkan di Desa Somahode, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan.

Pasalnya, KIP ini akan  dijadikan sebagai pusat penampungan hasil tangkapan ikan di pulau Halmahera maupun Maluku Utara pada umumnya.

“Kami sudah mengusulkan ke Bappeda Malut untuk mengembangkan daerah sekitar Oba Utara atau Sofifi sebagai pusat kawasan industri perikanan. Kita harapkan kawasan ini bisa menampung beragam hasil perikanan di pulau Halmahera, Tidore maupun di Ternate serta Maluku Utara umumnya sehingga konektivitas antara pusat-pusat sentral produksi perikanan itu kita tampung di Sofifi,” kata Kepala DKP Malut,  Buyung Radjiloen kepada wartawan di Sofifi, Kamis (11/10/2018).

Buyung menuturkan, selain layak, Sofifi memiliki areal lahan yang luas dan strategis untuk dijadikan pusat kawasan industri perikanan  karena berada pada  poros pulau Halmahera. 

“ Karena KIP kalau kita kembangkan di Ternate juga sulit, mengingat arealnya sudah terbatas. Oleh karena itu kami mendorong Sofifi sebagai kawasan industri ini,  dan Morotai juga tetap kita dorong sebagai pintu keluar ekspor tetapi untuk kawasan penampungnya adalah Sofifi,” ungkapnya.

Areal KIP ini juga akan dibangun pelabuhan perikanan, galangan kapal maupun fasilitas lainnya yang berkaitan dengan perikanan serta dibangunnya sekolah kejuruan.

“Ini juga telah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo tentang percepatan industri perikanan.Ini yang menjadi dasar kita untuk bagaimana mensosialisasi rencana ini. Kita juga bangun pelabuhan perikanan, galangan kapal dan fasilitas lainnya termasuk sekolah perikanan,” ujarnya.(bices/eric)

Komentar Anda

Berita Terkini