Atasi Anjloknya Harga Kopra, Pemprov Malut Bentuk Tim Pencari Solusi

/ Senin, 26 November 2018 / 20.25
Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Natsir Thaib saat menemui pengunjuk rasa di halaman Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi. (Foto : Bices)

SOFIFI - Wakil Gubernur Maluku Utara  Muhammad Natsir Thaib menggelar rapat bersama para Bupati dan Walikota beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Maluku Utara guna menyikapi anjloknya harga kelapa yang berdampak kehidupan petani kopra di daerah ini.

Rapat tersebut dilaksanakan di lantai IV Kantor Gubernur Maluku Utara  di Sofifi, Senin (26/11). Yang hadiri Wali Kota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim, Wakil Bupati Halmahera Utara Muhlis Tapi Tapi, Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Taher, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara H. Muabdin Rajab dan Bupati Halmahera Barat yang diwakili Sekda  Sahril Abd. Rajak beserta unsur Forkopimda, perwakilan asosiasi petani kopra dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemprov Malut dan Kabupaten/Kota.

Pantauan Nusantaratimur.com tampak rapat bersama tersebut sedikit berjalan  alot, dimana terjadi silang pendapat dari para peserta rapat. Meski begitu, para peserta rapat yang dihadiri para pemangku kepentingan daerah itu serius menyepakati untuk membentuk tim pencari solusi serta pemecahan masalah terkait dengan anjloknya harga komuditi kopra  di Malut.

Tim yang dibentuk ini diketuai oleh Sekda Provinsi Maluku Utara H. Muabdin Radjab. Tim ini selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk meninjau langsung ke pabrik kopra di Sulawesi Utara dan Surabaya untuk memastikan harga kopra di kedua pabrik tersebut.

" Kami bentuk tim, karena tim ini akan bekerja ekstra cepat untuk merespon tuntutan masyarakat menyangkut dengan harga kopra. Tim ini juga melibatkan semua unsur termasuk Forkompinda dan Satgas Pangan,"kata Wagub Malut, Ir.M Natsir Thaib.

Pihaknya juga akan mencari tahu apa yang menjadi sumber masalah sehingga harga kopra menjadi anjlok.  
"Kita akan cari solusi terbaik untuk petani kopra dan pedagang kopra.Tapi perlu diingat,jangan coba-coba ada yang bermain dengan harga,karena kami akan tindak tegas,"ujar Natsir Thaib dengan wajah serius.

Sekadar diketahui, usai pertemuan itu, Wagub M.Natsir Thaib bersama  para peserta rapat menemui masa aksi yang melakukan aksi unjuk rasa di halaman kantor Gubernur Sofifi. Dalam pertemuan dengan massa aksi itu, Wagub menyampaikan seluruh hasil rapat di sampaikan ke pada masa aksi.(bices)


Komentar Anda

Berita Terkini