Bawaslu Tidore Turunkan APK Caleg dan Calon Perseorangan

/ Kamis, 29 November 2018 / 22.16
APK yang diturunkan Bawaslu Kota Tidore Kepulauan (Foto : Aidar Salasa)

TIDORE- Langgar ketentuan Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan menurunkan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif dan calon perseorangan.

Operasi penertiban APK dilakukan atas kerja sama Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Satpol-PP, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) serta Petugas Kepolisian Resort Tidore Kepulauan.

Penertiban APK  dimulai sekitar pukul 11.00 WIT. dengan menyisir jalan Poros Kota Tidore yang dimulai dari Kecamatan Tidore hingga Kecamatan Tidore Utara.

Menurut Devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kota Tidore Kepulaun Iriyani A. Kadir menyatakan penertiban APK merupakan upaya Bawaslu untuk mengurangi pelanggaran  karena pemasangan atribut kampanye dan calon perseorangan diluar dari zona yang telah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum.

“ Sebelum dilakukan penertiban, Bawaslu Kota Tidore Kepulauan bersama KPU Kota Tidore telah melakukan sosialisasi persuasif dan menyurat kepada parpol tentang aturan pemasangan APK,” ungkap Iryani.

Sangat disayangkan, Kata Iryani, setelah dilakukan sosialisasi pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu dan jajarannya banyak menemukan APK yang terpasang di luar zona yang tidak mematuhi aturan.

Itu sebabnya, Sambungnya  pada hari ini  Bawaslu Tikep dan instansi terkait turun untuk melakukan penertiban.

“ APK yang diturunkan sebanyak 25 APK caleg dan calon perseorangan yang ditertibkan oleh petugas karena pelanggaran PKPU 23 tahun 2018,” ujarnya. (dar)

Komentar Anda

Berita Terkini