Masyarakat Adat Gelar Ritual LEGU DOU Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

/ Rabu, 28 November 2018 / 19.03
Wakil Walikota Tidore Muhammad Sinen memberikan sambutan pada pembukaan Ritual Adat Legu Dou. (Foto: Aidar Salasa)
TIDORE- Sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil panen yang melimpah, warga masyarakat  adat Kelurahan Gubukususma Kota Tidore Kepulauan menggelar upacara ritual  adat Legu Dou.  Ritual adat Tahunan yang ke 44 itu dibuka secara resmi Wakil Walikota  Tidore Kepulauan Muhammad Senin.

Muhammad Senin menyampaikan acara adat Legu Dou yang digelar oleh warga masyarakat lingkungan Bua-Bua Kelurahan Gubukusuma, merupakan bagian dari sejarah, yang telah diatur secara turun-temurun oleh para leluhur negeri ini, sehingga perlu dihidupkan, dijaga dan dipertahankan oleh masyarakat  di tengah-tengah zaman yang semakin modern.

Pada kesempatan itu, Wawali Kota Tikep juga memberikan wejangan dengan mengutip pesan para leluhur bahwa “Jangan membongkar atau merusak sejarah masa lalumu, karena di situ ada peninggalan masa lalumu dan jangan menghalangi jalan di depanmu, karena di sana ada masa depanmu,” Ungkap Muhammad Sinen.

“ Saya berharap agar kearifan  lokal ini terus  dijaga dan dilaksanakan, sehingga tidak akan hilang dari perhatian kita semua sebagai orang Tidore,” ujarnya.

Ali Adam, selaku panitia menyatakan upacara Legu Dou  sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen petani jagung yang merupakan mata pencaharian pokok sebagian besar masyarakat Gubukusuma khususnya lingkungan bua-bua.

“ Kegiatan  ini sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan budaya kearifan lokal yang terus di lestarikan dan dikembangkan sebagai salah satu ikon masyarakat Bua-Bua khusus dan umumnya Kota Tidore Kepulauan, dan secara khusus Legu Dou mengajak kita jangan pernah melupakan sejarah masa lalumu yang pernah dimiliki oleh masyarakat Bua-bua,” tutup Ali.

Turut hadir pada acara upacara Legu Dou Wakil Ketua TIM Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Hj, Rahmawati Muhammad, Yang Mulia Sultan Tidore H.Husain Syah, Pimpinan SKPD Kota Tidore Kepulauan, Lurah Gubukusuma serta Masyarakat Gubukusuma lingkungan Bua-Bua, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda.(dar)

Komentar Anda

Berita Terkini