Pemkot Tidore Gelar Rapat Pengendalian Inflasi

/ Senin, 26 November 2018 / 21.51
Rapat Inflasi Daerah yang dilaksanakan Pemkot Tidore Kepulauan

TIDORE - Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar rapat pengendalian inflasi bersama Bank Indonesia.

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Tidore kepulauan Muhammad Yasin menyampaikan  rapat  pengendalian inflasi ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan inflasi di Kota Tidore Kepulauan sehingga dapat diketahui secara pasti inflasi melemah atau menguat serta mengetahui kondisi perekonomian di masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

“ Rapat ini hanya mengetahui laju inflasi daerah Kota Tidore Kepulauan,” ujar Muhammad Yasin, Senin (26/11/2018).

Manager Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara Ardian Pangestu memaparkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku Utara pada tahun 2017 tercatat sebagai pertumbuhan ekonomi tertinggi dikawasan Indonesia Timur dan tertinggi di Indonesia.

“ Ini menjadi tantangan bagi Bank Indonesia  ditahun 2018 untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara yang tinggi, stabil dan tentunya inklusif dengan tidak hanya bergantung pada lapangan usaha pertambangan,” ujar Ardian.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tidore Kepulauan Salahuddin mengatakan perhitungan inflasi ini hanya dihitung di beberapa kota yang menjadi kota Indeks Harga Konsumen (IHK).

“ Di Indonesia  yang menjadi kota IHK ada 82 kota, termasuk salah satunya di Maluku Utara. Di Maluku Utara sendiri perhitungan yang secara lengkap sesuai dengan konsep definisi yang lengkap itu dihitung ada di Kota Ternate, sedangkan untuk Kota Tidore Kepulauan belum dilakukan perhitungan. Untuk akan datang, kami akan melakukan perhitungan khusus untuk Kota Tidore Kepulauan,” tutur Salahudin.

“ Dari 82 kota tersebut, Kota yang mengalami inflasi tertinggi yaitu Palu (2,27%) dan Inflasi terendah dikota Cilegon (0,01%), sedangkan kota yang mengalami deflasi tertinggi yaitu Bengkulu (-0,74%) dan deflasi terendah di Kota Tangerang (-0,01%),” tutupnya. (dar)

Komentar Anda

Berita Terkini