Temu Stakeholder Jelang Pileg dan Pilpres 2019

/ Selasa, 13 November 2018 / 01.42
Kapolres Halbar AKBP Deny Heryanto bersama Stakeholder saat melakukan pertemuan (Dok: Nances)

HALBAR -  Kegiatan Temu Stakeholders dengan Tema "Optimalisasi Peran Masyarakat, Wujudkan Stabilitas Kamtibmas yang Kondusif Jelang Pilpres dan Pileg Tahun 2019", yang diselenggarakan oleh Polres Halmahera Barat (Halbar) dan Kesbangpol Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat. Senin (12/11/2018).

Sambutan Kapolres Halbar AKBP Deny Heryanto menyampaikan bahwa ucapan terima kasih kepada peserta rapat. Ia menjelaskan maksud dan tujuan pertemuan ini pada intinya terkait perkembangan situasi nasional yang kita ketahui bahwa negara kita ini sedang diuji oleh berbagai macam peristiwa yang pada intinya adalah sangat berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, melihat pemberitaan khususnya pemberitaan yang ada di media massa maupun di televisi bahwa sering berkembang issu yang dapat merusak NKRI, pemberitaan yang hangat saat ini yaitu masalah Pembakaran Bendera HTI yang terjadi di Garut dan kejadian inilah yang kita tidak inginkan terjadi di wilayah Kabupaten Halmahera Barat.

Lanjut Kapolres, guna menyikapi masalah ini perlu dilakukan strategi mengatasi ekstremisme dan kekerasan di Indonesia menjelang pemilihan Legislatif maupun Pilpres.

 " Kita ketahui bahwa hajatan Pemilu ini kita beruntung yang khusus Halbar kemarin, yang mana kita telah melaksanakan PSU di 6 Desa dan Minggu kemarin juga  telah dilaksanakan Pilkades dan semua terlaksana dengan baik, aman dan terkendali dan saya berharap kedepannya dalam menjelang Pileg dan Pilpres juga dapat dilaksanakan dengan baik pula,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Halbar juga sampaikan terima kasih pada bapak/ ibu tokoh masyarakat, tokoh agama, yang bisa menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga wilayah hukum Polres Halmahera Barat sampai saat ini terindikasi belum ada hal-hal yang mengkhawatirkan.

 “ Jadi ini semua berkat kerja sama ibu bapak sekalian yang senantiasa bekerja keras dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban bersama,” tuturnya.

Kapolres juga menuturkan, perlu diketahui bahwa HTI saat ini telah dibubarkan berdasarkan Undang - Undang Nomor 17 Tahun 2013.

“ HTI sudah dilakukan pembubaran namun sampai sekarang HTI belum mau bubarkan diri karena tujuannya  membentuk negara Khilafah belum tercapai guna mengganti pemerintahan yang sah termasuk Pancasila dan Undang - Undang Dasar,” ujarnya.

"Pemerintah membubarkan HTI karena mereka memang indikasinya adalah menghambat proses pembangunan nasional kemudian juga asas dan tujuannya itu bertentangan dengan Pancasila dan undang - undang dasar kemudian bisa menimbulkan benturan dan mengancam stabilitas keamanan dan ketertiban Nasional saat ini,” sambungnya.

Harapan Kapolres Halbar  kepada agar masyarakat bisa seperti pada saat pemilihan Kepala Desa kemarin  tingkat partisipasinya cukup tinggi sehingga diharapkan dalam hal memilih pemimpin baik yang duduk di kursi DPR maupun Presiden nantinya masyarakat bisa menggunakan hak pilihannya ketika mereka sudah menjadi pimpinan kita harus mendukung pemimpin yang sah. Tak hanya masyarakat bisa memantau kegiatan pemilihan umum ini agar berjalan dengan jujur adil dan tidak ada penyimpangan.

“ Selain tanggung jawab dari aparat kepolisian namun peran kerja sama ataupun partisipasi yang aktif dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan sehingga semua bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh undang – undang,” kata Kapolres.

Hadir dalam rapat tersebut, Kapolres Halbar AKBP Deny Heryanto  ( Selaku Pemateri), Kasat Intelkam Polres Halbar AKP Hendri, Mewakili Kepala Kesbangpol Pemkab Halbar Ibu Ummu Utiah, l Ketua MUI Halbar, Ketua FKUB Kab. Halbar, Para Ketua" Ormas Se - Halbar, Para Imam Mesjid Se - Kec. Jailolo, Para Tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda dan Tokoh Adat 20 Orang.(ncs)

Komentar Anda

Berita Terkini