Wali Kota Tidore Bagikan 10 Ribu Kartu BPJS Ketenagakerjaan

/ Senin, 26 November 2018 / 21.56

 
Walikota Tidore H. Ali Ibrahim bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate Gazali Dachlan menandatangi MoU (Foto : Aidar Salasa)
TIDORE- Sebanyak 10 ribu kartu kepesertaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan diserahkan oleh Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim. 

Penyerahan itu dilakukan secara simbolis kepada sejumlah perwakilan di sela-sela Pembukaan kegiatan Kerjasama Operasional (KSO) BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, Senin (26/11/2018) siang tadi.

Pembukaan KSO yang dipusatkan di Lapangan Upacara Kelurahan Guraping ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang dilakukan oleh Walikota. H. Ali Ibrahim bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate Ghazali Dachlan.

Walikota Tidore dalam kesempatan tersebut, ia  mengatakan KSO ini merupakan bentuk kerja sama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Maluku-Malut Cabang Ternate dalam memberikan jaminan kesejahteraan terhadap tenaga kerja di Kota Tidore Kepulauan.

“ Adapun 10 ribuan tenaga kerja yang berada di Kota Tidore Kepulauan, meliputi pegawai Non ASN, Perangkat Desa, BUMDes, Badan Permusyawaratan Desa serta gabungan pekerja angkutan darat, laut, nelayan dan petani akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan selama periode November hingga Desember 2018. Diharapkan pada Januari 2019, peserta-peserta tersebut dapat melanjutkan kepesertaannya di BPJS Ketenagakerjaan dengan membayarkan iuran tepat waktu setiap bulannya,” ungkap Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga mengingatkan kepada pemberi kerja agar wajib memenuhi hak tenaga kerja atau karyawannya.  

“ Jadi tidak ada istilah menunda bagi pemberi kerja untuk menunaikannya, dan apabila pemberi kerja tidak mengikutsertakan pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan tersebut terancam sanksi sebagaimana UU Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS,” tegasnya.

Penyerahan kartu kepesertaan ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kota Tidore Kepulauan memberikan jaminan terhadap warganya sekaligus menyukseskan program BPJS Ketenagakerjaan, tutur Walikota Tidore.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate Ghazali Dachlan menambahkan dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, agar supaya masyarakat Tidore sudah menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan tidak khawatir akan perlindungan dirinya saat bekerja.

“ Saya menghimbau kepada seluruh badan usaha maupun pekerja mandiri yang berada di Kota Tidore Kepulauan untuk segera mendaftarkan badan usaha maupun seluruh tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tutupnya.

Pembukaan KSO ini juga dihadiri sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkot Tidore Kepulauan, jajaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate, perwakilan peserta BPJS bersama warga masyarakat Oba Utara.(dar)

Komentar Anda

Berita Terkini