Korem 131/Santiago Evakuasi Korban Bencana Erupsi Gunung Soputan

/ Kamis, 06 Desember 2018 / 19.08
foto : Istimewa

MINSEL - Korem 131/Santiago berhasil mengevakuasi Korban bencana Erupsi Gunung Soputan. 

Masyarakat yang terkena dampak abu vulkanik Soputan berhasil  di evakuasi dari Desa Kota Menara menuju camp utama di lapangan Tumpaan, Desa Tumpaan.

Namun peristiwa ini hanyalah sebuah simulasi Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Soputan yang di selenggarakan oleh Korem 131/Santiago di Kabupaten Minahasa Selatan.
Kegiatan simulasi penanggulangan bencana erupsi Gunung Soputan melibatkan ratusan anggota TNI dan  instansi terkait Pemkab Minahasa Selatan  serta Tim SAR Basarnas Amurang.

Tak hanya itu,  kegiatan simulasi dikhususkan di spot daerah rawan bencana erupsi Gunung Soputan  Desa Kota menara, Kecamatan Amurang Timur, Minahasa Selatan.

Sementara para korban simulasi ini di ambil dari Desa Kota Menara, kemudian di evakuasi di Tenda utama di Lapangan Desa Tumpaan, Kecamatan Tumpaan.

Petugas anggota TNI dari Korem 131/Santiago yang mendapat informasi tentang perkembangan kondisi Gunung Merapi siaga atau darurat, mereka langsung memberitahukan warga di desa Kota menara untuk keluar dari rumah ke titik penampungan sementara.

Evakuasi yang dilakukan petugas menggunakan  pengeras suara untuk memberikan imbauan kepada warga tentang gunung merapi dalam kondisi darurat, sehingga mereka mengungsi di tempat yang aman di base Camp pertama di Lapangan Tumpaan.

Selanjutnya warga dievakuasi naik ke atas truk yang telah disediakan petugas kemudian langsung dari larikan ke tenda penampungan darurat di lapangan Tumpaan untuk dilakukan pendataan. Sedangkan tim sudah siap siaga menangani korban yang mengalami luka-luka akibat erupsi gunung soputan.

Dalam keterangan Mayor Inf Maudin Purba PLH Dandim 1302/Minahasa selaku pelaku dalam simulasi tersebut. Ia menyatakan kegiatan simulasi bertujuan untuk mensinergikan semua instansi yang terlibat dalam penanggulangan bencana erupsi gunung merapi.

" Skenario penanggulangan bencana erupsi gunung merapi  akan berjalan sesuai tugas masing-masing guna memperlancar penanganan,” ungkapnya.

"Petugas sudah siap dan terbiasa menangani warga, jika Soputan secara tiba-tiba meletus. Namun, kita tidak mengharapkan bencana itu, terjadi," kata Maudin disela-sela kegiatan simulasi. (Ir)

Komentar Anda

Berita Terkini