|
Menu Close Menu

Lapak Kios di Kawasan Taman Dodoku Ali Ludes Terbakar

Kamis, 20 Desember 2018 | Desember 20, 2018
Puluhan lapak kios terbakar di jalan taman Dodoku Ali Ternate pagi tadi (Foto: Warga) 

TERNATE -  Pagi yang cerah dibawa kaki gunung gamalama para pengguna jalan yang melintas di kawasan Dodoku Ali, Kelurahan Salero, Kota Ternate, Maluku Utara. Secara spontan terhenti seketika melihat si jago merah memporak-porandakan 12 unit kios lapak pedagang yang berjejeran di kawasan bersejarah itu.

Tandri salah satu saksi  mata menuturkan asal muasal sumber kekabaran munculnya segumpalan asap dari rumah Café Alya sekira pukul 06.08 pagi waktu setempat.

Pasalnya, salah satu penjaga Café Alya sempat panik lari keluar membeli pulsa kepada dirinya  untuk menelpon pemilik Café Alya.

Mendengar kejadian itu, Ia bersama penjaga Café Alya pun lari dalam kios miliknya untuk meminta tolong kepada warga setempat.

“ Saya pun lari untuk membuka pintu salah satu lapak kios milik saudara saya, di dalamnya ada penghuni ibu dan anaknya. Saya langsung berteriak membangun mereka untuk keluar dari kios karena api sudah membesar,” ungkap Tandri kepada wartawan media ini di tempat kejadian.

Meskipun satu unit mobil pemadam kebakaran sudah datang lebih awal untuk memadamkan api, namun api sudah membesar dan merambat keseluruh lapak  yang lain yang terbuat dari bahan kayu.

“ Lapak yang terbakar kebanyakan milik warga gorontalo dan terdapat barang-barang yang baru masuk untuk persiapan tahun baru, pungkas Tandri.

Hal senada juga dikemukan Sulaeman bahwa sumber api di duga berasal dari Cafe Alya yang merembet ke kios yang  lain, karena kios yang berada di sini bahan bangunannya terbuat dari kayu dan triplex.

“ Saat terjadi kebakaran sebagian kios masih banyak yang belum buka karena pemiliknya masih berada di rumah dan waktu bukanya sekitar pukul 08.00 WIT, sehingga banyak barang dagangannya yang tidak sempat diselamatkan,” tutur Soleman.

Untuk kerugian atas insiden ini, di taksir miliar rupiah. “   Kerugiannya berkisar 6 milyar karena minggu ini banyak barang yang baru masuk,” jelasnya.

Terpisah Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda menyatakan pihaknya saat ini belum mengetahui pasti sebab akibat dari kebakaran yang menghanguskan puluhan lapak kios tersebut.

“ Saat ini tim sedang menyelidiki kasus kebakaran kios tersebut tinggal tunggu hasilnya, nanti akan di informasikan kepada teman teman media bila sudah ketahui penyebabnya,” ujar Kapolres Ternate   saat di temui oleh awak media ini di pasar higenis usai melakukan inpeksi mendadak terhadap bahan pangan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2019 bersama walikota Ternate dan Dandim 1501/Ternate.

Api dapat di padamkan sekitar 2 jam, setelah 4 unit mobil pemadam kebakaran Kota Ternate digerakan. (cul)

Bagikan:

Komentar