|
Menu Close Menu

Sekda Halbar Sebut SKPD Tak Genjot PAD di Evaluasi

Rabu, 19 Desember 2018 | Desember 19, 2018
Syahril Abd Rajak (Sekda Halbar)

HALBAR – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Halmahera Barat Tahun 2018 tidak capai target. Beresiko terhadap pimpinan SKPD penghasil, karena yang dibebankan ke setiap SKPD sebagai target kinerja.

" Kinerja setiap SKPD dapat dilihat pencapaian PAD nya, bila PAD yang dicapai 80 persen berarti kinerjanya 80 persen, dan bila PAD nya nol maka kinerjanya juga nol," ungkap Sekda Pemkab Halbar Syahril Abd Rajak. Rabu (19/12)

Menurutnya, SKPD penghasil yang dibebankan untuk mengenjot PAD diantaranya Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Perhubungan, Disperindagkop dan Dinas Pasar.

Syahril mengakui PAD memang bukan kinerja secara keselurahan dari SKPD, tapi itu satu variabel dari kinerja SKPD ditambah dengan disiplin, loyalitas dan pencapaian program.

Lanjutnya, karenanya ketidakcapaiannya PAD dari SKPD ditentukan oleh tiga hal, yakni, Sistem pungutannya tidak jalan, orang malas menagih atau tagihannya tidak disetor dan salah penempatan perhitungan, tukasnya.

Ia mencontohkan pendapatan dinas A  1 juta dan yang ditetapkan itu Rp. 5 juta,  kendati pun dinas tersebut jungkir balik targetnya tidak akan tercapai," ujarnya. (ncs)

Bagikan:

Komentar