|
Menu Close Menu

Dikabarkan Hanyut, Penjaga Rumpong Riando Pawelin Belum Ditemukan

Kamis, 03 Januari 2019 | 11.52
Tim SAR
TERNATE -  Penjaga rumpong bernama Riando Pawelin (22) asal Bitung dikabarkan hanyut dari perairan Bitung, Provinsi Sulawesi Utara hingga ke perairan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. 

Informasi yang di terima Basarnas Ternate dari bapak Efendi anggota ORARI Bacan bahwa yang bersangkutan menerima panggilan darurat di frequency radio 14.410 Mhz dari rumpon yang hanyut dari perairan Bitung, Sulawesi Utara.

Hasil komunikasi Basarnas Ternate bahwa rumpong tersebut sudah berada di 5 NM sebelah Barat Pulau Lata-Lata Kabupaten Halmahera Selatan, jarak Pelabuhan Perikanan Bacan (RIB)-LKP 37.46 NM.

Pada pencarian hari pertama tidak membuahkan hasil. Pada hari ini, Kamis (3/1) pukul 07:30 waktu setempat Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian hari ke 2 dengan menggunakan RIB (Rigid Infletable Boat/ Searider). 

Berdasarkan hasil koordinasi via radio antara rumpong dan ORARI, maka Ops SAR direncanakan Tim Rescue bergerak kurang lebih 10 NM arah Barat dari Suar Pulau Sarang Burung ( C2s14m13M ), 

" Pencarian hari ke dua ini akan diperluas hingga 10 NM dari titik awal  LKP. Dengan mengerahkan 5 Orang Personil Unit Siaga SAR Bacan, 1 Orang Anggota Personil Pos TNI AL Baca, dan 1 Orang Orari Bacan," ungkap Kepala Basarnas Ternate M. Arafah kepada media ini. Kamis (3/1).

Arafah menambahkan pencarian hari pertama telah dilakukan penyisiran di pulau Lata-Lata dan Pulau Mauri, namun masih belum membuahkan hasil dan pencarian masih nihil.

akan tetapi, tim juga telah menginformasikan atau menyampaikan kepada kapal-kapal yang melintas di area tersebut maupun nelayan apabila menemukan korban agar segera melaporkan ke Basarnas.

" Ini juga faktor cuaca yang kurang bersahabat menjadi sedikit kendala, ketinggian ombak 1,5 m - dengan 2 meter, angin 6 Kts dari Utara, namung pencarian dilakukan kemairn (2/1) hingga pukul 18.00 WIT," ujarnya.

Sambungnya,  apabila korban sudah ditemukan pihaknya menyampaikan melalui Humas Basarnas  kepada awak media, tutupnya (Ata)
Bagikan:

Komentar