|
Menu Close Menu

Diknas Kota Tikep Kelola DAK 19 Miliar

Kamis, 10 Januari 2019 | 16.36
Ismail Dukomalamo (Kepala Diknas Kota Tikep)
TIDORE - Dinas Pendidikan  Nasional (Diknas) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) tahun ini keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp. 19 Miliar  yang bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tikep Ismail Dukomalamo menyatakan anggaran DAK senilai 19 miliar akan pergunakan untuk kegiatan perluasan akses yang berkaitan dengan rehabilitasi ruang kelas baru, laboratorium dan peralatan olahraga serta peralatan laboratorium.

“ Mudah-mudahan dengan adanya sumber dana yang diberikan ini bisa menjawab kebutuhan mutu pendidikan di kota tidore kepulauan menjadi lebih baik,” ungkap Ismail Dukomalamo kepada wartawan media ini. Kamis (10/1/2019).

Lebih lanjut Ismail menjelaskan dalam pemberian bantuan melalui DAK diberikan langsung ke sekolah itu berbasis data melalui Dapodik yang telah dimasukan oleh pihak sekolah seperti kebutuhan fasilitas penunjang untuk sekolah maupun dan dana bos.

“Saya berharap kepala sekolah bisa berinovasi dan kreatif dalam memperhatikan masalah data, sebab jika pihak sekolah terlambat memasukan data ke Dapodik maka secara langsung bantuannya tidak bisa diberikan, namun untuk membantu pihak sekolah saya sudah perintahkan ke staf saya yang berada di dinas pendidikan untuk bisa membantu mereka dengan melakukan evaluasi tiga bulan sekali, dan apabila ada pihak sekolah yang terkendala dengan jaringan bisa ke Dinas Pendidikan untuk dilakukan pengiriman data,” jelasnya.

Selain DAK, Dinas Pendidikan juga mendapat suntikan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun ini senilai Rp. 14 Milyar yang bersumber dari APBD Pemkot Kota Tidore Kepulauan.

“ Anggaran DAU akan diperuntuhkan untuk realisasi program peningkatan Mutu dan Kompetensi bagi Guru, Pengawas, Kepala Sekolah, Kreatifitas Siswa, Perluasan akses serta operasional masing-masing koordinator wilayah di setiap kecamatan dan operasional untuk sekolah,” ujar Ismail. (dar)

Bagikan:

Komentar