|
Menu Close Menu

DPRD Minta Pemda Halut Harus Memberikan Jamkes Ke Petugas Kebersihan

Senin, 21 Januari 2019 | 07.23
Sahril Hi. Rauf (Wakil Ketua DPRD Halut)
TOBELO - Sebanyak 177 orang petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang selama ini bekerja untuk menjaga wajah Kota Tobelo untuk tetap bersih mendapat perhatian khusus dari DPRD Kabupaten Halmahera Utara.

Wakil Ketua DPRD Halut Sahril Hi. Rauf berkaitan dengan petugas kebersihan ini. pihak  bakal mengkonfirmasi ke Pemerintah Daerah (Pemda) melalui DLH mengenai status tenaga honorer  untuk memastikan para petugas kebersihan apakah masuk sebagai Tenaga Kontrak Daerah (TKD) atau tidak?. "Jika mereka memang masuk sebagai TKD maka kita lihat lagi lama masa kerja, jika memang sudah lebih dari setahun, maka kami mendesak agar pemda segera memberikan jaminan kesehatan berupa BPJS ketenagakerjaan. sehingga dari aspek kesahatan juga terjamin Pemda jangan tutup mata atas hal itu," ungkap Sahril Hi. Rauf kepada media ini. Pada Minggu (20/01/2019).

Lanjut Sahril, Ia juga meminta pihak DLH agar mengusulkan persoalan Jaminan Kesehatan (Jamkes) ke pimpinannya dalam hal ini Sekda selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk di bahas. selanjutnya menjadi pembahasan di DPRD terkait anggaran jaminan Kesehatan para tenaga kerja di bidang kebersihan.

" Jangan Pemda pandang sebelah mata para petugas kebersihan misalnya di bidang persampahan yang tugasnya mengangkut sampah tiap harinya, ini kan rentan mengalami kecelakaan kerja. dengan gaji Rp. 1,5 - Rp. 1,75 juta perbulannya  tentu tidak mampu membiayai ongkos kesehatan para pekerja. apalagi jikasampai di rawat di RSUD," tandasnya.

Terpisah, Kadis DLH Pemkab Halut Samud Taha saat di konfirmasi  mengenai masalah ini.  Ia menyebutkan status para petugas kebersihan tidak masuk sebagai TKD sehingga dalam upaya untuk mengusulkan anggaran jaminan kesehatan juga masih terkendala. Namun, pihaknya juga sebelumnya sudah membicarakan persoalan ini dengan Bupati dan Sekda agar Pemda juga bisa memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh petugas kebersihan, mengingat standar upah minimum juga masih di bawah rata-rata.

"Ini yang harus kita pertimbangkan. sejak menjabat sebagai kadis DLH hampir setahun ini, saya juga bakal berupaya agar petugas kebersihan mendapatkan jaminan kesehatan," ujarnya. (zha)
Bagikan:

Komentar