|
Menu Close Menu

Inilah Prestasi Kinerja Walikota Tidore dan Wakilnya di Tahun 2018

Rabu, 02 Januari 2019 | 16.48


TIDORE -  Inilah prestasi yang ditorehkan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen untuk Kota Tidore Kepulauan. Setelah diamanatkan oleh masyarakat menjadi Wali Kota Wakil Walikota Tidore kepulauan dengan masa kemimpinan memasuki 2 tahun 10 bulan. 

Di pengunjung tahun 2018, Pemkot Tidore Kepulauan meraih berbagai penghargaan dan pencapaian kinerja yang cukup signifikan, ungkap Sekretaris Daerah Pemkot Tidore Kepulauan M. Thamrin Fabanyo dihadapan ribuan masyarakat yang memadati lokasi Konser Amal Malam Hiburan Rakyat Perayaan Malam Lepas Sambut 2018-2019 di kawasan jalan kilometer 40 Sofifi, Senin (31/12).

Thamrin menyatakan tidak terasa sudah dua tahun dan 10 bulan  Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore periode 2016-2021 dengan visi “Terwujudnya Kemandirian Kota Tidore Kepulauan Sebagai Kota Jasa Berbasis Agro-Marine”. Berbagai penghargaan dan pencapaian berhasil diraih atas kerjasama dan dukungan dari seluruh masyarakat di Kota Tidore dan pihak-pihak terkait lainnya.

Lanjut Thamrin, masa pengabdian yang terbilang masih singkat ini benar- benar digunakan untuk membenahi dan membangun Kota Tidore, tercatat ada beberapa pencapaian dan penghargaan pada tahun 2018 yang patut dibanggakan oleh warga masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

  1. Untuk mendukung visi Agromarine, terjadi peningkatan Dana DAK dan DAU di bidang Pertanian yang sebelumnya hanya Rp 3 sampai 4 miliar, di tahun 2018 sudah menembus angka Rp. 21 miliar.
  2. Pagu anggaran DAK dan DAU untuk Pariwisata di tahun 2018 juga meningkat menjadi Rp. 11 Miliar dari tahun sebelumnya hanya Rp. 4 Miliar.
  3. Penghargaan tata kelola pemerintahan terbaik untuk Indonesia Timur dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) pada bulan Januari 2018.
  4. Penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha Kategori Pembina Umum Terbaik Karang Taruna Kota Tingkat Naional Tahun 2018.
  5. Kota Tidore Kepulauan menempati urutan pertama Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) TERBAIK di antara 10 Kabupaten/Kota se-Propinsi Maluku Utara sekaligus mendapat urutan pertama selama tiga kali berturut-turut, Berdasarkan Ekspose hasil evaluasi KPPD terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Provinsi Maluku Utara.
  6. Kota Tidore meraih nilai 3,1 yakni nilai tertinggi diantara kabupaten kota lain yang hanya mendapat nilai rata-rata dua koma. Untuk capaian secara nasional Kota Tidore Kepulauan menempati urutan ke 43 dari 92 Kota se Indonesia. Berarti Kota Tidore Kepulauan mengalami peningkatan capaian prestasi dari tahun lalu yang menempati peringkat ke 52 nasional. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Teknis dari Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Kota Ternate, pada tanggal 13 September 2018.
  7. Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan di bawah Pimpinan Hj. Sulama Ali Ibrahim dan Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, juga meraih prestasi di tingkat Nasional sebagai juara Pakarti Utama I Tingkat Nasional Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (HATINYA PKK) Kategori Kota Tahun 2018 yang diserahkan langsung Ketua Umum TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 di Jakarta pada tanggal 2 Oktober 2018.
  8. Penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia terkait prestasi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017. Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya sejak 2014. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Maluku Utara pada tanggal 25 Oktober 2018 di Ternate.
  9. Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2018 Kategori Pemerintahan Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Penasehat Institute for Public Governance (IIPG), Prof DR. Boediono, di Jakarta pada tanggal 26 Oktober 2018. Kota Tidore Kepulauan merupakan satu-satunya Kota di Provinsi Maluku Utara yang mendapat penghargaan tersebut.
  10. Kota Tidore Kepulauan meraih Anugerah Kota Layak Pemuda Tahun 2018 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Republik Indonesia, Bapak Imam Nahrawi kepada Walikota Tidore Kepulauan pada tanggal 29 Oktober 2018, di Jakarta.
  11. Kota Tidore Kepulauan juga menerima penghargaan INAGARA (Inovasi Administrasi Negara) sebagai Pemerintah Daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi administrasi negara melalui Laboratorium Inovasi LAN yang diserahkan dalam Kegiatan Forum Replikasi Inovasi Tahun 2018, pada tanggal 30 Oktober 2018 di Jakarta.
  12. Penghargaan Walikota Enterpreneur Award di bidang pendidikan khususnya Sistem Informasi Manajemen Dana Bos dari Philip Kotler Center For Asean Marketive (PL) oleh Tri Founder DK CAM Sekaligus Chariman Mark Plus bersama Sekretaris Jendral Kemendagri, Hadi Prabowo pada tanggal 5 Desember 2018, Di Glass House Pasifik Place Jakarta.
  13. Anugerah Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2018 Predikat Kepatuhan Tinggi 2018 dari Ombudsman Republik Indonesia oleh Ketua Ombudsman RI, Bapak Prof. Amzullan Rivai, pada tanggal 10 Desember 2018 bertempat Balai Kartini Jakarta Selatan.
  14. Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM RI Kategori Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2017, yang diserahkan langsung kepada Walikota Tidore Kepulauan pada tangal 11 Desember 2018 di Jakarta. 
“ Inilah pencapaian yang patut kita banggakan dan kita syukuri bersama, semoga di tahun 2019 kinerja ini terus ditingkatkan dan bisa meraih penghargaan yang lebih banyak lagi,” tutup Thamrin disambut tepuk tangan dari masyarakat.(dar)

Bagikan:

Komentar