|
Menu Close Menu

Ratusan APK Diturunkan Bawaslu Kota Tidore Kepulauan

Selasa, 22 Januari 2019 | Januari 22, 2019
Iriyani Abdul Kadir (Komisioner Bawaslu Kota Tidore Kepulauan)
TIDORE-  Ratusan alat peraga kampanye (APK) calon anggota DPRD dan calon perseorangan (DPD-RI) diturunkan Bawaslu Kota Tidore Kepulauan (Tikep). 

Dalam penertiban APK tahap II  ini, Bawaslu Kota Tikep  melibatkan Satpol PP dan Kesbangpol Kota Tidore Kepulauan karena telah melanggar ketentuan.

"  Penertiban APK tanggal 21 Januari 2019 kemarin, kita melibatkan 15 personil untuk menertibkan APK dan bahan kampanye khususnya di Tidore Pulau,"  ungkap Devisi Pengawasan Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Iriyani Abdul Kadir kepada media ini. Selasa (22/1/2019). 

Lanjut Iriyani, Bawaslu Kota Tidore Kepulauan sebelum melakukan penertiban APK, terlebih dahulu mengidentifikasi APK yang tersebar di 8 Kecamatan yang ada di Kota Tidore Kepulauan dengan total APK sebanyak 299 APK. 

"  Kami rekap beberapa APK yang melanggar ketentuan atau pada prinsipnya tidak sesuai dengan ketentuan," pungkasnya.

Hasil penertiban APK yang melanggar ketentuan sebanyak 111 APK yang tersebar di 4 kecamatan di Tidore Pulau, yakni Kecamatan Tidore berhasil menertibkan APK calon DPD sebanyak 3 buah, calon DPR-RI sebanyak 3 buah, calon DPRD Malut sebanyak 3 buah serta calon  DPRD Kota Tikep sebanyak 25 buah. Kecamatan Tidore Selatan, calon DPD sebanyak 1 buah, calon DPRD Malut sebanyak 4 buah dan calon DPRD Kota Tikep 19 buah. Kecamatan Tidore Utara, APK  calon DPRD Kota Tidore Kepulauan sebanyak 54 buah. Sedangkan, Kecamatan Tidore Timur yang ditertibkan hanya stiker. 

"  Total 4 Kecamatan APK yang ditertibkan, yaitu APK calon DPD sebanyak 4 buah, APK calon DPR-RI sebanyak 3 buah, APK calon DPRD Malut sebanyak 7 buah dan DPRD Kota Tikep sebanyak 97 buah APK," jelasnya. 

Sementara  4 Kecamatan di dataran Kepulauan Oba saat ini Panwascam sudah mengidentifikasi APK yang dipasang di titik bermasalah, sehingga dalam waktu dekat ini Bawaslu akan berkoordinasi untuk melakukan penertiban, kata Iriyani.(dar)

Bagikan:

Komentar