|
Menu Close Menu

Bawaslu Kota Tikep Butuh Pengawas TPS Sebanyak 351 Orang

Senin, 04 Februari 2019 | Februari 04, 2019
Bawaslu Kota Tidore Kepulauan
TIDORE- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) membuka rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebanyak 351 orang untuk ditempatkan di setiap Kelurahan/Desa yang tersebar di 8 Kecamatan  Kota Tidore kepulauan.

" Pengawas TPS nantinya ditempatkan di seluruh TPS yang tersebar di 8 Kecamatan dan 89 Desa/Kelurahan Se Kota Tidore kepulauan,” tutur Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Bahrudin Tosofu kepada wartawan media ini. Minggu (3/2/2019).

Menurut Bahrudin pengawas TPS merupakan petugas yang dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu Panwaslu  di Kelurahan/Desa sebagaimana penjelasan Pasal 90 ayat (2 ) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“ Pembentukan pengawas TPS paling lambat 23 hari sebelum Pemilu 2019 terlaksana dan dibubarkan paling lambat tujuh (7) hari setelah hari pemungutan suara,” jelas Bahrudin.

Lanjut Bahrudin, rekrutmen pengawas PTS diperkuat dengan Keputusan Bawaslu RI Nomor: 0027/K.Bawaslu/HK.01.00/I/2019 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pembentukan Pengawas TPS. Sementara pengumuman Pendaftaran PTPS di mulai pada tanggal 4-10 Februari 2019 dan proses pendaftarannya akan dibuka 11-21 Februari 2019. Dalam  proses pembentukan Pengawas TPS yang dilaksanakan Panwaslu Kecamatan se-Kota Tidore Kepulauan  akan dibantu Pengawas Kelurahan atau desa di 8 Kecamatan se-Kota Tidore Kepulauan.

”Perekrutan PTPS adalah ruang bagi semua putra-putri terbaik Kota Tidore Kepulauan yang ingin mengambil bagian dalam pengawasan pemilu untuk mengabdikan diri kepada negara melalui pengawasan di TPS demi terwujudnya Pemilu yang berkualitas, ujarnya.

Ia menambahkan, selain membuka ruang bagi putra-putri,  pengawas TPS juga merupakan ujung tombak Pemilu untuk menjaga keindependenan Pemilu agar tidak terjadi kecurangan.

“ Keindependenan sangat perlu diperhatikan, tentu dalam rekrutmen pengawas TPS yang dipilih tidak partisipan dari partai politik,” tegasnya. (dar)

Bagikan:

Komentar