|
Menu Close Menu

STQ Tingkat Kota Tidore Kepulauan Resmi Dihelat

Kamis, 07 Februari 2019 | 00.22
Walikota Tidore Ali Ibrahim memukul beduk tanda buka pelaksanaan STQ ke 8 Tingkat Kota Tidore Kepulauan (Foto: Aidar Salasa)

TIDORE, NUSANTARATIMUR.COM – Walikota Tidore Capt H. Ali Ibrahim membuka dengan resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang ke-8 tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2019.

Pembukaan STQ ditandai dengan pemukulan beduk secara serentak oleh Walikota bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang dipusatkan di halaman Masjid Miftahul Jannah Kompleks Pasar Sarimalaha, Indonesiana, Kota Tidore Kepulauan. Selasa (5/2/2019).

Pelaksanaan STQ Kota Tidore Kepulauan di ikuti sebanyak 68 peserta didampingi 45 orang official dari delapan (8) kecamatan untuk berkompetisi dalam cabang lomba yang dipertandingkan masing-masing cabang Tilawatil Qur’an, dan Hifdzil Qur’an.

Walikota  dalam kesempatan menyatakan pelaksanaan STQ ini. Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan serta mewarnai pengamalan sikap Akhlaqul Karimah masyarakat Kota Tidore Kepulauan sebagaimana tema pada pelaksanaan STQ tahun ini. 

"Melalui STQ ke-8 tingkat Kota Tidore Kepulauan, Kita Gali Potensi, Minat dan Bakat Menuju Generasi Santri yang Unggul, Cerdas dan Berakhlaqul Karimah," ungkap Ali Ibrahim.

Ia menambahkan keikutsertaan para peserta dalam STQ ini dapat membawa manfaat dalam upaya mengaktualisasikan isi Al-Qur’an secara damai di bumi Tidore.

“ Bagi yang terpilih menjadi pemenang, Ia meminta agar nanti mempersiapkan diri untuk menghadapi STQ tingkat Provinsi Maluku Utara, dan bagi peserta yang belum meraih juara dapat menjadikan STQ ini sebagai pengalaman dan bahan pembelajaran untuk lebih giat berlatih dan belajar untuk STQ mendatang,” tukasnya.

Walikota menjanjikan akan memberikan bonus khusus kepada satu orang peserta terbaik dalam STQ ini untuk mengikuti Ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekkah. Adapun bonus ini diberikan kepada peserta terbaik merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan PT. Phinisi Wisata (Travel Umroh dan Haji Khusus) Cabang Maluku Utara di Kota Tidore Kepulauan.

Sementara Ketua LPPTQ Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleiman menambahkan pelaksanaan STQ ini bertujuan sebagai wahana syiarnya Islam melalui partisipasi aktif masyarakat dalam rangka membentuk tatanan masyarakat madani dan generasi Qur'ani yang berakhlaqul kharimah.

“ Saya berharap para peserta terbaik dari masing-masing cabang lomba agar dapat berkompetisi pada STQ tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2019 di Sofifi,” tutur Asrul dalam laporannya.

Pelaksanaan STQ ini akan berakhir pada tanggal 8 Februari 2019.  Selain itu para peserta akan dinilai oleh para dewan hakim sebanyak 14 orang dan enam orang Panitera.

Acara pembukaan STQ yang ke 8 turut hadir Ketua TP PKK Kota Tidore, Hj. Sulamah Ali Ibrahim, Wakil Ketua TP PKK, Hj. Rahmawati Muhammad Senin, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj. Nursaidah Asrul Sani, Anggota DPRD, para Pimpinan OPD Kepala Kementerian Agama Kota Tidore kepulauan.(dar)


Bagikan:

Komentar