|
Menu Close Menu

Lima Tersangka Pengedar Narkoba Diringkus Satresnarkoba Polres Ternate

Selasa, 12 Maret 2019 | 19.36
Kapolres Ternate Azhari Juanda saat menggelar Pers Conference  didampingi AKP Herri Suhendar Kasat Narkoba dan Humas IPDA Wahyuddin (Foto : Nasrul Muhlas)
TERNATE -  Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Ternate telah meringkus lima (5) orang tersangka pengedar narkoba golongan satu jenis shabu dan ganja.

Lima tersangka dibekuk polisi masing-masing adalah Riswan Taib (35) Yusman Hi. Jalal (30) Rizal (31) Adfi Tri Aprianto (31) dan Ikbal U. Salama (36) yang di ketahui  merupakan kasus pengedar Ganja

Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda menyatakan barang bukti yang berhasil diamankan adalah ganja berjumlah 28 shacet ukuran sedang dengan berat sekitar 10,4 gram. Dan total ganja atau barang bukti berjumlah 35,7 gram, namun barang bukti tersebut masih ada di laboratorium forensik di Makassar. Sedangkan,  untuk barang bukti shabu yang diamankan dengan total berat  0,78 gram serta barang bukti lainnya berupa 3 unit Handphone dan satu buku tabungan yang diringkus dalam kurun waktu kurang lebih setenga bulan  mulai Januari- Maret 2019.

" Dalam periode Januari-Maret Polres Ternate mengungkap kasus Narkoba sejumlah empat kasus, tiga kasus shabu dan satu kasus Ganja dari empat kasus tersebut tersangkanya ada lima orang. Ketiga kasus ini sudah tahap 1 dan satu kasus masih dalam proses penyelidikan tersangkanya lima orang ini lak- laki semua," papar  Kapolres Ternate Azhari Juanda. Selasa (12/3/2019).

Azhari menambahkan penangkapan kelima tersangka dari empat kasus ganja dan satu kasus Sabu di lokasi Kota Ternate dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berbeda-beda. 

" Di Kecamatan Ternate Selatan ada tiga orang, dan dua orang di Kecamatan Ternate Tengah," ungkapnya.

Lanjut Azhari, empat tersangka kasus shabu dijerat dengan pasal 112 dengan hukuman penjara paling singkat 4 tahun penjara paling lama 12 tahun dan 114 paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun serta pasal 127 hukuman paling singkat 1 tahun paling lama 4 tahun penjara. Sedangkan,  kasus ganja dijerat dengan pasal 111 dengan hukuman penjara paling singkat 4 tahun paling lama 12 tahun dan Pasal 114 serta Pasal 127.

" Kita harus hati-hati betul untuk dilingkungan sekitar kita dan lingkungan keluarga kita, jangan sampai kita tidak tahu kalau ternyata anggota keluarga kita atau pun keluarga kita adalah pengguna narkotika. Saya harapkan kita sama-sama bergerak ini adalah upaya kolektif kita untuk membasmi narkoba di Kota Ternate," harapnya.

Kapolres  juga mengimbau, jika masyarakat atau masing-masing keluarganya pengguna dan mendapat informasi ada t transaksi narkoba agar segera di laporkan ke pihak polisi.

" Apabila ada masyarakat yang mengetahui keluarganya pengguna silahkan laporkan saja, nanti kita bisa tindaklanjuti untuk asesment dan apabila ada yang mengetahui informasi ada transaksi narkoba silahkan segera laporkan ke pihak kepolisian sehingga kami segera lakukan tindakan, Imbu Azhari.(cul)
Bagikan:

Komentar