Musrenbang RKPD Kota Tikep Tahun 2020 di Bahas

Editor: nusantaratimur.com author photo
Walikota Tidore H. Ali Ibrahim buka Musrenbang Kota Tidore Kepulauan Tahun 2020
TIDORE- Perencanaan Pembangunan Tahun 2020 yang merupakan tahun keempat masa kepemimpinan Walikota Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen, sebagaimana yang telah tercantum dalam dokumen RPJMD periode 2016-2021 membawa tema pembangunan dan arah kebijakan daerah pada tahun 2020 yaitu “Pemberdayaan Ekonomi dan Pengembangan Sektor Unggulan”. kegiatan tersebut bertempat di Aula Sultan Nuku kantor Walikota, Rabu (27/3/2019)

Wali Kota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim saat membuka dengan resmi musyawarah perencanaan pembangunan daerah(Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Tidore Kepulauan tahun 2020. 

Ia mengatakan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menyusun RKPD Kota Tidore Kepulauan sekaligus sebagai landasan dalam penyusunan KUA-PPAS dan APBD tahun 2020.

“Pemberdayaan ini diarahkan guna meningkatkan ekonomi masyarakat secara produktif sehingga mampu menghasilkan nilai tambah yang tinggi dan pendapatan yang lebih besar. Upaya peningkatan kemampuan untuk menghasilkan nilai tambah yang akan dilakukan melalui perbaikan akses petani, nelayan dan usaha kecil terhadap empat hal, yaitu akses terhadap sumber daya dan modal, akses terhadap teknologi, akses terhadap pasar dan akses terhadap permintaan serta Pemberdayaan ini bertujuan untuk memperkuat pencapaian Visi, Terwujudnya Kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Jasa Berbasis Agro-Marine.” tegas Ali.

Pada kesempatan yang sama pula Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kota Tidore Kepulauan, Fatarudin Muhammad mengatakan bahwa tahapan pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kota yang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas di tingkat kota.

“ Dalam pelaksanaan Musrenbang ini juga mengundang sebanyak 200 orang yang sudah termasuk di dalamnya peserta yang diminta untuk mengikuti proses pelaksanaan sebanyak 150 peserta yang terdiri dari ketua DPRD beserta anggota perangkat Daerah, Perwakilan Kecamatan dan beberapa Organisasi Politik, Organisasi Pemuda dan Kemasyarakatan,” ujarnya.

“ Kegiatan yang rencananya berlangsung selama tiga hari dari tanggal 27 sampai dengan 29 Maret 2019 ini melibatkan 200 orang peserta. Dalam rancangan RKPD, kurang lebih 685 program dan 3.415 kegiatan. dengan total jumlah anggaran  504.000.000.00,” tambahnya.

Turut Hadir pada kegiatan ini, Ketua Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil Ketua TP PKK, Ketua Darma Wanita Kota Tidore Kepulauan, Para Staf Ahli, Asisten Setda Pemkot Tikep, Anggota DPRD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Para Camat, perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dan stakeholder yang lain.(Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini