|
Menu Close Menu

Pelaku Penipuan Penggelapan Penjualan Sepeda Motor Di Bui

Selasa, 12 Maret 2019 | 00.12


IPDA Agus Surya Darma

TERNATE – Polsek Ternate Selatan berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan dengan modus penawaran penjualan sepeda motor.

Menurut Ipda Agus Surya Darma menyatakan modus operandi yang dilakukan pelaku yakni menawarkan penjualan sepeda motor yang di posting media sosial  fecebook (FB) membuat banyak orang berminat tercatat sebanyak 5 orang namun yang melaporkan kasus ini hanya 1 orang.

“ Tersangka berinisial B dan sudah diamankan di Polsek Ternate Selatan serta kasus ini sudah tahap I dengan kerugian mencapai Rp. 32. 000. 000,” ungkap Ipda Agus Surya Darma kepada media ini. Senin (11/3/2019).

Kasus ini pelaku mencoba menawarkan 3 motor kepada pembeli sampai dengan waktu yang di janjikan. Pada kenyataannya pelaku tidak dapat memenuhi atau menyediakan motor tersebut.

“ Saksi-saksi sudah ada termasuk kakak tersangka, sementara tersangka sendiri dengan korban dan keluarga korban. 5 korban lainnya tidak mau melaporkan karena bersangkutan maunya uang mereka di kembalikan,” tuturnya.

Lanjut Agus,  namun yang pelaku menyatakan tidak dapat mengembalikan uang tersebut karena sudah tidak punya uang lagi. Pasalnya,  uang hasil penipuan ini dibayarkan kepada orang lain karena bersangkut paut masalah utang-piutang.

“ Jadi barang bukti yang di tahan di Polsek Ternate selatan itu 1 (satu) buah kwitansi nominal uang Rp. 16.000.000, ada pun  beberapa kwitansi tidak diberikan para korban karena beberapa korban tidak mau menjadi saksi dalam kasus ini, hanya saja mereka menuntut uang mereka di kembalikan,” ujarnya.

Agus menambahkan, upaya hukum dilakukan dengan melakukan penangkapan dan penahanan terhadap pelaku. “ Laporan ini pada tanggal 25 Januari 2019. Pasal yang di kenalkan Pasal 378 tentang penipuan dan penggelapan dengan 5 tahun penjara, tutupnya. (cul)

Bagikan:

Komentar