|
Menu Close Menu

Polda Malut Buka Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Tahun 2019

Selasa, 12 Maret 2019 | 00.08
Pers Conference : Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendri Badar dan Kabag Dalpers Biro SDM Polda Malut Kompol Samsul Alam

TERNATE – Polda Maluku Utara kembali membuka rekrutmen penerimaan terpadu Calon Anggota Polri Tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepolisian Daerah Maluku Utara Republik Indonesia melalui Kabid Humas Polda  AKBP Hendrik Badar bersama Kabag Dalpres Biro SDM Polda Malut Kompol Samsul Alam, pada pers conference di ruangan Bidhumas Polda Malut . Senin (11/03/2019).

Kompol Samsul Alam menyatakan dengan periode penerimaan rekrutmen calon anggota polri terpadu secara pasif, maka kami melaksanakan sosialisasi dan pendaftaran hingga sampai pada tahap verifikasi.

“ Untuk pendaftaran dan pelaksanaan ini tetap secara online melalui Web.id com. Untuk itu polri yang sudah biasa dilansir oleh teman- teman Polda terutama yang sudah pernah melaksanakan,” ungkap Kompol Samsul Alam kepada awak media di Ternate.

Samsul menambahkan, untuk saat ini Polda Malut dalam penerimaan secara terpadu, baik akedemik kepolisian atau taruna AKPOl, Bintara, dan Tamtama cukup banyak.  Adapun jumlah Taruna AKPOl yang serdiknya yang akan dilaksanakan sebanyak 250 orang (220 pria dan 30 wanita) di seluruh indonesia, dan rencana pembukaan pendidikannya Tanggal 5 Agustus-22 Maret Tahun 2020.

“ Yang membedakan rekrutmen tahun 2019 ini, kita sudah menyiapkan fasilitas CAT, karena semua administrasinya sudah mengarah ke komputer atau internet. Menyangkut dengan hal- hal yang berkaitan dengan rekrutmen ini harus dilaksanakan melalui komputerisasi. Namun karena saat ini kami masih keterbatasan sarana dan prasarana yang kami miliki. Dan pada hari ini kami sudah berkoordinasi dengan pihak yang mempunyai alat computer yakni SMK Negeri 1 Kota Ternate karena SMK Negeri 1 Kota ternate mempunyai fasilitas komputer sebanyak 120 unit,” pungkas Samsul.

“ Khusus taruna AKPOL pada saat seleksi Pesih maupun akademik akan dilakukan dengan sistem CAT," tambahnya.

Sementara untuk rekrutmen bintara,  Polda Malut sebagai pihak penerimaan ada hal- hal yang khusus untuk kita ketahui secara bersama dan secara umum, sebab hampir semuanya sama dengan tahun lal. “ Jadi untuk bintara tahun ini di bagi. Ada bintara yang bagian tugas umum dan bintara kompetensi Bidang, dan bintara Telent scouting.

“ Saya menghimbau kepada rekan-rekan bahwa kita ketahui telek scouting ini adalah peserta yang punya tipe atau pun kategori akedemik dan prestasi.  Prestasi akedimik inilah akan dibuktikan dengan raport mulai kelas 1 hingga 10 dan ditambahkan dengan Piagam penghargaan olimpiade juara umum tingkat nasional atau internasional maupun daerah dan ini di hususkan,” terang Samsul.

Sementara rekan-rekan yang mempunyai keahlian yang menghafal Al Quran 30 jus dan rekan- rekan yang mempunyai keahlian prestasi di bidang olah raga. Seperti sepak bola Nasional maupun internasional. Dan untuk piagam - piagam mereka inilah yang berbobot ke internasional yang pertama tingkat internasianal 70 dan nasional 60 untuk daerah bobotnya 50.

“ Perlu saya sampaikan khusus  kompetensi ini ada juga rekan- rekan anggota polri yang dikategori gugur melaksanakan tugas dan hilang melaksanakan tugasnya anak- anak mereka kami akan merekrut secara khusus. Namun dengan catatan kualitas kesehatan harus di jamin dan perlu di pertimbangkan,” katanya.

“ Untuk tokoh masyarakat yang punya kontribusi besar. Misalnya dia membantu polisi untuk mengungkap kasus dan termasuk rekan- rekan media juga yang mempunyai pengaruh di bidang media. bisa saja ada yang mempunyai anak yang bisa membantu untuk mengungkap kasus. kami akan mengakomodir di bidang bintara telent scouting, tak hanya itu, sekedar di ketahui bahwa bintara telent scouting ini sudah berjalan dengan sempat merekrut  orang. Namun yang lulus dalam tahap administrasi sebanyak 5 orang,” tutupnya. (cul)


Bagikan:

Komentar