|
Menu Close Menu

11 Parpol Gelar Demo, Salman Naipon : Bawaslu Kepsul Diamkan Sejumlah Pelanggaran Pemilu

Senin, 29 April 2019 | April 29, 2019
Kapolres Kepsul AKPB Try Yulianto memfasilitasi 11 gabungan parpol bersama Komisioner Bawaslu Kepsul dan KPU mengenai sejumlah pelanggaran Pemilu yang menjadi tuntutan aksi (Foto: Dino)
SANANA -  Gabungan 11 partai politik peserta pemilu 2019 menggelar unjuk rasa di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul)  mengenai sejumlah pelanggaran pemilu yang tidak di proses oleh pihak penyelenggara. Senin (29/4/2019).

Salman Naipon juru bicara gabungan 11 parpol menyatakan aksi hari ini pada prinsipnya mendesak Bawaslu Kepsul segera memproses semua pelanggaran yang terjadi pada saat pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara baik di tingkat PPS maupun PPK.

“ Mengenai pelanggaran ini KPU dan Bawaslu harus bertanggungjawab, namun yang terjadi  dua lembaga penyelenggara  seakan menutup mata terhadap sejumlah pelanggaran,” tukas

Salman Naipon kepada awak media di Kepsul.
Salman juga menegaskan pihak Bawaslu sebagai pengawas penyelenggara pemilu harus membuat pernyataan ke publik bahwa semua pelanggaran akan diproses semua. Nah, apabila sejumlah pelanggaran tindaklanjuti, maka gabungan 11 parpol di kabupaten kepsul menilai bawaslu tidak profesional dan terkesan mendiamkan sejumlah pelanggaran yang telah dilaporkan oleh partai politik peserta Pemilu, ujarnya.

Pernyataan serupa juga muncul dari PKS, Ilyas Yainahu menambahkan pihaknya meminta Bawaslu Maluku Utara segera turun tangan memeriksa anggota Komisioner Bawaslu Kepsul yang diduga cenderung membiarkan terjadi sejumlah pelanggaran.

" Kami mendesak Bawaslu Malut agar segera memeriksa semua perangkat yang ada di Bawaslu Kepsul,” tandas Ilyas. 

Aksi unjuk rasa gabungan 11 parpol di Kantor Bawaslu Kepsul kemudian di fasilitasi langsung oleh Kapolres Sula AKBP Try Yulianto untuk berdialog  dengan menghadirkan Anggota Bawaslu dan Anggota Komisioner KPU yang diarahkan di Mapolres Kepsul yang tidak jauh dari Kantor Bawaslu Kepsul.

Hingga berita ini diturunkan, pertemuan gabungan 11 parpol  masih berlangsung di lantai dua Mapolres Sula yang berada di Desa Fatcey Kecamatan Sanana. (cul)

Bagikan:

Komentar