|
Menu Close Menu

Asrul Sani Soleman Jabat Sekda Defenitif

Senin, 27 Mei 2019 | Mei 27, 2019


Asrul Sani Soleman detik-detik pengambilan sumpah dalam abatan sebagai Sekda Kota Tidore Kepulauan (Foto: Aidar Salasa)

TIDORE- Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim mengambil sumpah dan melantik H. Asrul Sani Soleman sebagai Sekretaris Daerah definitif bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota. Senin (27/5/2019).

Pelantikan Asrul Sani Soleman dihadiri Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Tidore Kepulauan, Unsur Forkompinda, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda, Ketua MUI Kota Tidore Kepulauan, Rektor UNNU, Pimpinan SKPD serta karyawan dan karyawati lingkup Pemda Kota Tidore.

Asrul Sani Soleman dilantik Sekda Kota Tidore Kepulauan defenitif karena dinyatakan layak dan memenuhi persyaratan administrasi serta memiliki kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan reraturan perundang-undangan dengan memperhatikan hasil penilaian uji kompetensi melalui proses assesment.

Asrul Sani Soleman diangkat sebagai Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Tidore Kepulauan Nomor : 78.1 Tahun 2019 tentang pengangkatan Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Walikota H. Ali Ibrahim dalam amanahnya menyampaikan bahwa penentuan siapa yang layak menduduki jabatan Sekda ini telah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Salah satunya melalui mekanisme seleksi oleh Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Sekretaris Daerah.

Lanjut Ali Ibrahim, pelantikan Sekda sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

 “ Saya berharap kepada Sekda yang baru dilantik dapat  melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik  dan penuh  tanggung jawab, dapat mengkonsolidasi dan mengkoordinasikan program-program prioritas Pemerintah Kota Tidore Kepulauan agar berjalan sesuai dengan perencanaan serta mampu membaca dinamika yang berkembang di dalam masyarakat, terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan oleh walikota dan wakil walikota,” imbu Ali.

Pada kesempatan itu, Ali Ibrahim menegaskan kepada Sekretaris Daerah agar memelihara dan meningkatkan kualitas hasil-hasil pembangunan, menuntaskan sisa-sisa pekerjaan yang belum terselesaikan.

“ Sebagai pejabat yang menjadi leading administrasi pemerintahan, Sekretaris Daerah harus menjadi motor penggerak bagi ASN untuk memiliki tiga aspek. Yakni, kualifikasi, kompetensi, dan kinerja dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga mampu mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat Kota Tidore Kepulauan ” kata Ali.

Asrul Sani Soleman sebelum dilantik menjadi Sekda Tidore Kepulauan, jabatan sebelumnya Staf Ahli Walikota bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Tak hanya itu, Asrul Sani Soleman ikut mendaftar dalam Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, dan bersaing dengan dua peserta seleksi lainnya masing-masing : Staf  Ahli Walikota bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Jamaluddin Badar dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yakub Husain. Setelah melalui proses seleksi ketat. Akhirnya Asrul Sani Soleman dinyatakan lolos dan layak menduduki jabatan Sekretaris Daerah. (dar)

Bagikan:

Komentar