|
Menu Close Menu

Viral Para Remaja ini Bangunkan Warga Sahur dengan Cara yang Unik

Minggu, 26 Mei 2019 | Mei 26, 2019

(Para Remaja Masjid Al-Hikmah Desa Matani Satu, saat Bergendang Sahur)

MINSEL - Bulan Ramadhan tinggal menghitung Hari, dan Umat Islam tidak lama lagi akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, di bulan Ramadhan ini umat Islam tentunya menjadikan moment dalam beribadah secara Khusyu dan Khidmat.

Banyak Hal unik yang pasti kita dapati selama Bulan Ramadhan, seperti Bazar Takjil yang tersedia ada hampir di seluruh Desa yang pemukimannya penduduk beragama Muslim, Kemudian kita juga akan mendapati dimana setiap Masjid-masjid yang ada selalu melakukan persiapan Buka Puasa bersama untuk para musafir, serta dekorasi Posko-posko Ramadhan yang di hiasi dengan lampu aneka warna. begitu juga setiap masyarakat ingin melaksanakan santap sahur, pasti ada petugas di Desa-desa yang membangunkan Masyarakat untuk bersahur.

namun di Kabupaten Minahasa Selatan, anda akan mendapati dimana keunikan ketika jelang Sahur, di mana para Remaja-remaja Masjid antusias membangunkan warga muslim bersahur dengan Cara yang tak biasa.

Seperti yang di Lakukan para Remaja Masjid Al-hikmah dari Desa Matani Satu Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minsel. mereka rela datang Jauh-jauh ke Desa Sapa dengan tujuan silaturahmi serta di isi dengan Gendang Sahur yang tujuannya membangunkan orang bersahur.

Azwar Datau Ketua Remaja Masjid Al-hikmah Desa Matani Satu saat di wawancarai mengatakan bahwa tujuan mereka adalah silahturahmi demi mempererat tali persaudaraan antar sesama Remaja Masjid.

"Kunjungan kami ke Desa Sapa, seperti kebiasaan yang sudah ada semenjak Tahun-tahun sebelumnya, di momen bulan Puasa seperti ini, kami sering melakukan sahur keliling dari Desa ke desa. tujuannya selain silaturahim, ini juga sebagai bentuk korelasi yang Positif antar sesama Remaja, hari ini kami kesini di Desa Sapa untuk berdendang sahur, hari lainnya Remaja di Desa Sapa yang datang di Desa Kami. dan ini sudah terjalin turun menurun," ujarnya.

(Foto/Irham)

Senada di sampaikan Dina Pomalingo Ketua Remaja Masjid Al-muhajirin Desa Sapa yang menurutnya bahwa kegiatan seperti ini, sudah menjadi tradisi para Remaja Masjid di Kabupaten Minahasa Selatan.

"Ini sudah menjadi Program dan Tradisi Remaja Masjid yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan, dengan hal ini setidaknya bisa merubah image masyarakat terhadap kami remaja, yang mana membuktikan kepada masyarakat bahwa kami juga bisa melakukan hal positif, seperti kegiatan Gendang Sahur keliling ini, yang kami jadikan sebagai moment silaturahim antara para Remaja Masjid se Kabupaten Minahasa Selatan," jelasnya.

Para Remaja ini pun mengelilingi seputaran Desa, dengan bergendang sahur. baik dari dusun ke dusun lorong ke lorong, gang ke gang dengan tujuan untuk membangunkan orang untuk bersahur. kemudian Masyarakat pula sangat apresiasi program para Remaja Masjid ini.

"Kami sangat merasa terbantu dengan adanya program-program seperti ini, karna tidak semua masyarakat yang ada di Desa ini bisa menjangkau ketika orang membangunkan bersahur hanya lewat corong masjid, apalagi kalau letak rumah jauh dari masjid. sehingga kami tidak takut jika kami tertidur lelap, pasti saat sahur tiba kami terbangun dengan Gendang Sahur yang di nyanyikan para Remaja-remaja ini," ujar Arfan Paputungan salah satu warga Desa Sapa. (Ir)

Bagikan:

Komentar