Gempa Gane 7,2 Menyebabkan Tiga Orang Meninggal Dunia

Editor: Admin author photo
Kondisi korban gempa gane, Halsel, Maluku Utara
HALSEL -  Gempa berkekuatan 7,2 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Minggu (14/7/2019), mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan ratusan rumah warga rusak berat.

Data jumlah korban yang dihimpun nusantaratimur.com yakni Aisyah (54) warga desa Ranga-Ranga, Kecamatan Gane Barat Selatan akibat tertimpa bangunan, Aspar Mukmat (20) desa Gane Dalam Kecamatan Gane Timur Selatan, akibat tertimpa bangunan dan Sagaf Girato dari Desa Yomen, Kecamatan  Joronga, akibat tertimpa bangunan. 

Dalam musibah ini satu bayi bernama Muhammad Rifai (3 bulan) asal desa Wayatim Kecamatan Bacan Timur Tengah mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Sementara kerusakan bangunan berdasarkan data BPBD Pemkab Halsel, Sudarto Abdul Wahab, menyebutkan kerusakan bangunan rumah warga di sejumlah desa di wilayah Gane dan Bacan di antaranya di Desa Ranga-Ranga 300 unit, Desa Gane Dalam 380 unit, Desa Sawat 6 unit, Desa Gaimu 10 unit, Desa Kuo 10 unit, Desa Liaro 20 unit, Desa Tomara 40 unit dan Desa Tanjung Jere 2 unit. 

“ Dari total rumah warga ini dalam kondisi rusak berat. Untuk desa Ranga-Ranga terdapat dua sekolah mengalami rusak berat dan satu rumah ibadah (gereja) rusak berat. Sedangkan di Desa Gane Luar 3 unit sekolah rusak berat dan 1 masjid rusak berat,” ujar Sudarto.

Tim Terpadu Kabupaten  Halsel terdiri dari TNI, Polri, BPBD, SAR, Dinkes, Dinsos, PUPR, Satpol PP, BMKG dan PMI Halsel, pada pukul 10.40 WIT, Senin (15/7/2019) berangkat menuju wilayah Gane dan Bacan bagian Timur atau di daerah-daerah yang terkena dampak gempa untuk mendata kerusakan bangunan maupun korban,serta memberi bantuan, seperti terpal, tikar/matras, makanan/minuman dan obat-obatan.

"Pemkab Halsel terus melakukan monitoring ke seluruh wilayah yang terkena dampak bencana alam untuk mengecek langsung kerusakan bangunan, korban dan jumlah pengungs,” Kata Sudarto. (tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini