Polres Minsel Gelar Pelepasan Penyu di Pantai Tumpaan

Editor: Admin author photo

(Foto_Irham Damopolii)

MINSEL-Polres Minahasa Selatan Menggelar Pelepasan Penyu jenis lekang (Lepidochelys olivacea) di pantai Tumpaan, Desa Tumpaan, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan. Jumat (26/07/19)

Acara Pelepasan Penyu lekang (Lepidochelys olivacea) ini selain di hadiri dari Pihak Kepolisian Polres Minsel selaku pelaksan kegiatan. juga di hadiri oleh Beberapa Instansi Terkait, seperti Dinas Perikanan dan Kelautan, Syahbandar Amurang, Camat Tumpaan, Danramil Tumpaan, Para Hukum Tua serta Masyarakat pesisir yang ada.

Sebelum Pelepasan Penyu di laksanakan, Acara diisi dengan sosialisasi dari Kepala Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Amurang F.Rantung. Kemudian Penyu di lepas oleh Wakapolres Minsel Kompol Prevly Tampanguma.

Kepala Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan F.Rantung saat di wawancarai akan kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan pelepasan penyu ini bertujuan menjaga Populasi habitat Penyu yang terancam Punah.


Penyu lekang (Lepidochelys olivacea)

"Ini Penyu jenis lekang atau bahasa latin (Lepidochelys olivacea), yang habitat populasinya terancam Punah, penyu ini awalnya di tangkap oleh Nelayan kemudian di serahkan ke Instansi terkait. Penyu ini di perkirakan berusia 50 tahun dengan jenis kelamin Betina, panjang 88 Cm, Panjang Karapas 68 Cm, Lebar 62 Cm. Penyu ini sesuai dengan penelitian kami sesuai Habitatnya berasal dari Pulau Sumatera, Nusa kembangan dan Bali," ujarnya.

acara kemudian di lanjutkan dengan pembagian Life Jacket kepada para nelayan. (Ir)

Share:
Komentar

Berita Terkini