|
Menu Close Menu

Dandes Sapa Barat Tahun 2019 Fokus pembangunan jalan Sentra Produksi

Sabtu, 03 Agustus 2019 | Agustus 03, 2019

Kepala Desa (Hukum Tua) Sapa Barat Jekson Tahupiah 

MINSEL-Sesuai dengan informasi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo saat pertemuan di Hotel Sutan Raja Jakarta pada Kamis (4/7) dengan tema “Pengawasan Program Inovasi Desa dalam rangka meningkatkan efektivitas pemanfaatan Dana Desa, mengungkapkan bahwa anggaran dana desa dalam lima tahun ke depan akan dinaikan menjadi Rp 400 triliun. Dalam lima tahun ini pemerintah sudah menggelontorkan dana desa sebesar Rp 257 triliun dan sebagian besar dipakai untuk pembangunan infrastruktur.

Seperti yang diketahui Untuk Daerah Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) terjadi penambahan alokasi Dana Desa dengan nilai total Rp1,2 triliun, naik 13,5% dibandingkan tahun anggaran 2018.

Semantara, untuk Desa Sapa Induk Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, Jumlah anggaran Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Untuk Tahun ini mencapai Rp 1.077.998.000 (Satu Miliar tujuh puluh tujuh juta sembilan ratus sembilan puluh delapan ribu rupiah).

Untuk penggunaannya Desa Sapa Barat memprioritaskan pembangunan jalan sentra Produksi arah perkebunan Kayuwolo, hal ini yang menurut Kepala Desa (Hukum Tua) Sapa Barat Jekson Tahupiah bahwa sesuai dengan hasil rapat musyarah bersama Masyarakat.

"Seperti biasa sebelum kami melaksanakan Pembangunan di Desa dengan mengunakan anggaran Dandes, terlebih dahulu kami melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) yang kemudian hasil dari Musyawarah itulah maka kami sepakat melaksanakan pekerjaan Dana Desa lewat prioritas Kebutuhan masyarakat, yakni jalan sentra Produksi," jelasnya. Sabtu (3/8).

Selain jalan sentra produksi, Desa Sapa Barat juga fokus pada pekerjaan Fisik lainnya.

"Untuk Tahun ini kami juga memprioritaskan Pemeliharaan Prasarana Jalan Desa, Seperti Gorong-gorong, parit dan Drainase dengan anggaran sekitra Rp. 190.200.000 (Seratus sembilan puluh juta dua ratus ribu Rupiah)," tambanya. (Ir)

Bagikan:

Komentar