|
Menu Close Menu

Gubernur Buka Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Provinsi Malut

Kamis, 29 Agustus 2019 | 15.16
Gubernur KH. Abdul Ghani Kasuba memantau pangan lokal yang sudah disajikan oleh Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara
SOFIFI- Festival Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2019. Secara resmi dibuka Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara. Kamis (29/8/2019).

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis sekaligus menjadi kebutuhan dasar manusia. 

“ Dikalangan masyarakat, pangan itu sendiri memiliki bermacam aneka ragam sesuai dengan kondisi lingkungan masing-masing, dan satu daerah dengan daerah yang lain sudah tentu akan berbeda,” tuturnya.

Lanjutnya, penganekaragam pangan merupakan program yang bertujuan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja, namun juga mendorong untuk mengkonsumsi bahan lainnya, dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi pekarangan/lingkungan disekitar kita sebagai sumber pangan keluarga.

“ Bagi kita di Maluku Utara ini telah dianugerahi berbagai sumber daya alam dan oleh para leluhur kita dimanfaatkan sebagai produk lokal pengganti beras seperti ubi kayu, sukun, dan jagung dan itu masih kita warisi hingga saat ini. Hal ini menunjukan bahwa sumber dayar pangan kita sangat berlimpah dan sudah memadai dalam memenuhi pangan pokok masyarakat, dan dapat mengimbangi pertumbuhan penduduk dengan jumlah pangan yang siap untuk dikonsumsi,” papar AGK.

Mengakhiri sambutanya Gubernur Malut berharap agar ketersediaan sumber pangan ini harus dibarengi dengan upaya melakukan diversifikasi makanan olahan dari bahan pangan dan non pangan, sebagai sumber karbohidrat, sumber proteian, sumber vitamin dan mineral, dengan tetap memperhatikan serta mempertahankan nilai gizi yang seimbang, tutupnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tema “ Mendorong Penetapan Konsumsi Pangan Neragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal serta mendorong kreatifitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial,”  telah dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, Walikota Tidore yang mewakili, unsur Forpimda Provinsi Maluku Utara beserta SKPD dilingkup Pemprov Malut. (ric)

Bagikan:

Komentar