Inilah Nama Balon Walikota dan Bupati Hasil Pleno Penetapan Tim Pilkada PAN Malut

Editor: Admin author photo
Tim Pilkada DPW PAN Provinsi Maluku Utara

TERNATE – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Maluku Utara telah menggelar rapat pleno penetapan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Ternate serta Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat, bertempat di Sekretariat Rumah PAN Jalan Falajawa Dua, Gang Al- Amin, Kelurahan Bastiong Karance, Kota Ternate Selatan, Minggu (25/8/2019).

Ketua Tim Pilkada DPW PAN Provinsi Maluku Utara, Salamat Kardi mengatakan proses penetapan ini, karena kedua kabupaten/kota yakni, Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar)  sudah selesai melakukan proses penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah (Cakada) di delapan (8) kab/kota dalam momentum Pilkada Tahun 2020.

“ Proses penjaringan ini telah sesui prosedur sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Partai Amanat Nasional (PAN) Nomor 3 Tahun 2015. Setelah hasil penjaringan dan diplenokan di tingkat kab/kota, maka hasil ini dibawah dan diserahkan di Tim Penjaringan Pilkada di tingkat Wilayah, dan hari ini kedua hasil dari penjaringan telah diplenokan ditingkat Wilayah,” kata Salamat Kardi kepada nusantaratimur.com usai melakukan pleno penetapan bakal calon walikota/wakil walikota Ternate dan bakal calon Bupati/wakil bupati Halbar.

Ada pun hasil pleno penetapan Tim Pilkada DPW PAN Provinsi Maluku Utara khusus Kota Ternate  telah terdapat tujuh (7) Bakal Calon Walikota dan lima (5) bakal Calon Wakil Walikota sebagai berikut:

Nama-Nama bakal Calon Walikota diantaranya: 
1. Hi. Ruslan Bian, jabatan Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Ternate;
2. M. Tauhid Soleman, jabatan Sekda Kota Ternate;
3. Iswan Hasjim, jabatan Wakil Bupati Halmahera Selatan;
4. Hi. Abdullah Taher, Jabatan Wakil Walikota Ternate;
5. M. Hasan Bay, jabatan Pengusaha/Politisi Golkar;
6. Abd. Rahman Lahabato, jabatan Anggota DPD RI;
7. Merlisa,SE,  jabatan Ketua DPRD Kota Ternate.

Sedangkan bakal calon Wakil Walikota sebagai berikut:
1. Jamrud Hi. Wahab, jabatan Sekretaris DPW PAN Maluku Utara;
2. M. Fahrial Yunus Abbas, Ketua DPD PAN Kota Ternate;
3. Firman Syah, jabatan Kesultanan Ternate;
4. Arifin Jafar, jabatan Ketua DPD Partai Golkar Kota Ternate;
5. Hasby Yusuf, jabatan Politisi Gerindra.

Hasil pleno penetapan Tim Pilkada DPW PAN Provinsi Maluku Utara untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat sebagai berikut.

Nama-nama bakal calon Bupati Halmahera Barat, diantaranya: 
1. Noldi B. May, S.Pt, jabatan Pengusaha;
2. Danny Missy, SE.MM, jabatan Bupati;
3. Samad Hi. Moid, S.Sos, jabatan Anggota DPRD Halmahera Barat;
4. Bustami Albaar, SE., jabatan Pengusaha.

Sedangkan nama-nama bakal calon wakil Bupati:
1. Kamaludin Kaidati, S.Sos, jabatan Ketua DPD PAN Halmahera Barat;
2. Iskandar Idrus, ST, jabatan Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara/ Politisi PAN.

Menurut Salamat Kardi, nama-nama yang sudah ditetapkan dalam pleno di tingkat Wilayah hari ini akan diserahkan langsung ditingkat DPP dan DPP yang mempunyai kewenangan untuk  menentukan siapa yang akan mendapatkan rekomendasi dari Partai Amanat Nasional tersebut. 

“ Jadi masih tinggal enam (6) kabupaten/Kota yang sementara masih dalam tahan penjaringan, jika keenam DPD Kab/Kota telah menyelesaikan tahapan penjaringan dan diplenokan, maka tahapan yang sama juga akan di lakukan pada tingkat Wilayah sebagaimana tahapan Pleno yang dilaksnakan pada hari ini,” ucapnya.

Pada prinsipnya, jika dari kab/kota mana yang sudah menyelesaikan  tahapan penjaringan, maka panitia Pilkada di Tingkat Wilayah juga siap untuk melaksanakan Pleno tersebut dan hasil dari pleno di Tingkat Wilayah langsung diserahkan di Dewan Pengurus Pusat (DPP PAN), tutupnya. (ric)

Share:
Komentar

Berita Terkini